4 metode ampuh meningkatkan level bahasa inggris yang sering digunakan di kampung inggris pare kediri

Meningkatkan level bahasa inggris, dalam artikel ini admin akan memberikan sedikit rangkuman tentang beberapa cara atau metode untuk mengembangkan kemampuan berbahasa inggris kamu. Jadi karena dalam artikel ini ada beberapa metode atau cara belajar bahasa inggris, pastikan kamu memilih cara atau metode yang tepat dan sesuai untuk kamu terapkan. Karena dalam beberapa metode yang akan admin terangkan nanti memiliki keunggulan dan kekurangan masing – masing.

Meningkatkan level bahasa inggris

Dari beberapa metode yang akan admin berikan di bawah ini jika ada yang kamu terapkan untuk pembelajaran maka admin harap kamu dapat menerapkannya dengan disiplin. Seperti moto dari HEC 1 PARE yang berbunyi “Discipline Is The Key Of Our Success”.

Dan yakinlah bahwa metode yang kamu terapkan akan berhasil sesuai dengan yang kamu harapkan. Seperti pesan seorang sesepuh kepada admin yang bunyinya seperti ini

Selama ada niat, ada niat dan ada disiplin, kamu pasti bisa (sukses)

Ok tanpa panjang lebar mari kita masuk ke materi tentang bagaimana meningkatkan level bahasa inggris.

Immersion

Metode ini sebenarnya pernah admin bahas dalam artikel sebelumnya. Jadi untuk artikel ini kali ini, admin tidak akan berbicara panjang lebar.

Pada intinya metode immersion ini adalah metode yang dimana proses pembelajarannya diterapkan tidak didalam kelas, akan tetapi di lingkungan dimana bahasa inggris tersebut sedang dipelajari atau digunakan secara luas.

Salah satu aplikasi dari metode ini adalah dengan berkunjung langsung ke tempat – tempat di mana terdapat orang – orang yang berbicara menggunakan bahasa inggris. Berhubung untuk pergi luar negeri seperti Amerika atau Inggris membutuhkan biaya yang sangat besar. Maka umumnya untuk beberapa lembaga belajar bahasa inggris di Kampung Inggris mengajak siswa mereka ke  tempat – tempat yang terdapat para turis seperti di Candi Borobudur atau ke Bali.

Distributed Practice

Jika diterjemahkan Distributed Practice adalah berlatih secara  terbagi – bagi. Mungkin ini merupakan istilah baru bagi kalian. Pada dasarnya ini adalah proses belajar seperti biasanya yang kamu lakukan dalam waktu yang lama. Metode ini sangat baik dilakukan untuk orang – orang yang tidak sedang dalam keadaan deadline bahasa inggris. Dalam artian mereka tidak terburu – buru harus menguasai materi bahasa inggris. Seperti akan ujian nasional misalnya.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa menjejalkan materi pelajaran secara marathon atau terus-menerus dalam waktu yang relative singkat tidaklah produktif untuk perkembangan pembelajaran jangka panjang. Alasannya adalah karena informasi yang diterima tidak masuk ke dalam otak.

Jadi daripada mengalokasikan waktu untuk belajar selama satu hari penuh dalam satu minggu atau bahkan satu bulan. Sangat disarankan untuk belajar selama setengah jam dalam sehari secara rutin. Karena dengan cara ini informasi yang diterima oleh otak kamu akan tersimpan dengan baik.

Bahkan sebuah tes menunjukkan bahwa semakin lama kamu ingin sebuah informasi tersebut tersimpan, intervalnya belajarnya sebaiknya juga semakin lama, jadi ketika kamu harus mengkaji banyak informasi, kamu harus meluangkan waktu kamu.

Practice test

Baru-baru ini sebuah penelitian di amerika menunjukkan bahwa metode practice test atau yang biasa di kenal dengan ujian praktek adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan level bahasa inggris.

Mengapa?

Alasannya, ketika ujian praktek aktivitas otak akan bekerja secara berbeda dari ketika sedang menerima informasi. Practice test menantang kemampuan otak untuk mengingat dan menggali informasi yang sebelum tersimpan dalam otak manusia.

Metode seperti inilah yang umumnya dilakukan di kampung inggris pare Kediri. Seperti halnya metode immersion yang sudah dijelaskan di atas. Dengan menggabungkan kedua metode ini yaitu praktek di lingkungan yang berbahasa inggris, maka akan proses meningkatkan level bahasa inggris akan semakin efektif.

Social Learning

Cara ini cukup bagus untuk mereka yang ingin mengingkatkan level bahasa inggris mereka dalam hal percakapan dan mengenal hal – hal baru. Dengan menambah teman baru dan juga berlatih bersama adalah salah satu metode belajar bahasa inggris terbaik yang dapat kamu terapkan.

Terlebih di kampung inggris, dengan banyaknya pelajar yang datang dari berbagai daerah di Indonesia memungkinkan kamu untuk menerapkan metode belajar ini. Kamu dapat berkenalan dengan banyak teman baru dari berbagai daerah dan kemudian mengajaknya belajar bahasa inggris bersama.

 

Comment ( 1 )

Comments are closed.