Reading termasuk bagian dari 4 keterampilan dasar Bahasa inggris bersama listening, speaking dan writing. Keterampilan reading sendiri adalah keterampilan membaca dalam Bahasa inggris, dimana kita harus paham inti dari apa yang kita baca, dimana kita juga harus paham susunan atau struktur kalimat yang kita baca. Oleh karena itu untuk mnguasai keterampilan reading kita harus melatih keterampilan reading secara terus menerus. Dan berikut ini ada beberapa tips mudah dalam belajar keterampilan reading.

Tapi sebelum kita bahas tipsnya, kita akan bahas secara singkat manfaat menguasai keterampilan reading. Keterampilan reading dalam Bahasa inggris dapat membantu kita menambah kosakata Bahasa inggris terutama bagi pemula, selain itu dengan menguasai Teknik reading tentunya akan memudahkan kita membaca artikel atau buku pengetahuan berbahasa inggris sehingga makin menambah banyak ilmu pengetahuan kita.

Selanjutnya langsung saja ini beberapa tips mudah dalam belajar keterampilan reading.

Tips 1.      Pilih buku/bacaan/artikel dengan tema yang kalian suka.

Terkadang ketika kita akan membaca buku kita akan menjadi malas karena buku yang kita baca tebal, ditambah topik dari buku tersebut tidak kita sukai. Oleh karena itu ketika belajar keterampilan reading, kamu cari buku/artikel dengan tema yang kamu suka. Misal kamu suka novel, maka carilah novel berbahasa inggris. Dengan tips ini setidaknya kamu juga akan mempunyai motivasi berlebih untuk membaca bacaan yang kamu suka, walaupun itu berbahasa inggris.

Tips 2.      Baca buku dengan level Bahasa inggris sesuai level kita.

Tentunya diluar sana banyak beredar buku/artikel dalam Bahasa inggris. Ketika kita belajar reading jangan langsung pilih buku/artikel dengan tingkat level Bahasa inggris yang advance, karena itu malah bisa membuat kita kehilangan motivasi untuk mengasah keterampilan reading. Oleh karena itu tentukan buku/artikel yang ingin kamu baca, selain kamu memilih buku/artikel dengan tema yang kamu suka, pastikan level Bahasa inggris pada buku tersebut juga sesuai dengan levelmu. Untuk menentukan level suatu bacaan kamu bisa baca sekilas buku/artikel tsb, kamu bisa baca judul, ringkasan atau subjudulnya. Jika kamu bisa mengerti inti dari buku/artikel tersebut berarti buku/artikel tersebut cocok buat kamu.

Tips 3.      Coba Teknik skimming dalam berlatih reading

Teknik skimming adalah sebuah Teknik membaca cepat.  Dimana dengan Teknik skimming ini kamu nanti dapat memahami inti dari keseluruhan apa yang kamu baca. Biasanya Teknik skimming dilakukan dengan membaca judul, subjudul, dan beberapa paragraph dari buku/artikel yang kamu baca untuk mendapatkan inti dari bacaan tersebut. Atau kamu bisa juga menerapkan Teknik skimming dengan membaca ringkasan pada bagian belakang buku. Inti dari Teknik ini adalah kamu dapat memahami suatu inti dari apa yang kamu baca dengan cara Teknik membaca cepat.

Tips 4.      Berlatih reading sesering mungkin

Tips yang terakhir adalah lakukan praktek reading sesering mungkin. Dlam praktek reading kamu tidak harus meluangkan waktu khusus untuk melatihnya, kamu juga bisa berlatih disela-sela waktu. Misal ketika kamu membuka social media dan kamu menemukan artikel bebhasa inggris yang menarik, maka kamu bisa langsung membaca artikel tersebut. Akan lebih baik bila kamu lakukan latihan reading ketika kamu lagi santai di kamar atau tempat lain dengan kondisi yang tenang.

Berlatih reading tidaklah susah asal kita terus melatihnya berulang-ulang. Akan lebih baik bila praktek reading ini menjadi sebuah rutinitas. Lama kelamaan kamu pasti akan terbiasa, dan akan makin banyak kosakata serta grammar yang kamu pelajari. Tentunya ntuk lebih mudah belajar reading kamu bisa terapkan tips-tips diatas.

Ada satu lagi tips mudah dan ampuh dalam belajar reading

Caranya kamu bisa ikut program belajar bahasa inggris di kampung Inggris Pare. Salah satu program pelatihan paling dekat yang bisa kamu ikuti adalah program intensive 11 & 25 di Happy English Course 1 Kampung Inggris Pare. Untuk info lengkapnya kalian bisa baca di sini.

Info Paket Program Intensive 10 dan 25 Januari 2019

Artikel lainnya :

Yuk gabung di Kampung Inggris Pare ! informasi lebih lanjut silakan klik link di bawah ini :

Informasi Kampung Inggris Pare

Informasi Program HEC 1 PARE, KLIK DISINI

 

 

Leave a Comment