45 Informasi Kampung Inggris Yang Harus Diketahui

Kampung Inggris, ya Kampung Inggris. Siapa sekarang ini yang tidak mengenal Kampung Inggris Pare. Namun apakah kamu sudah mengetahui semua informasi kampung inggris? Jika semuanya dituliskan dalam sebuah paragrap yang membahas sebuah kampung yang berada di sudut Timur Kabupaten Kediri ini rasanya tidak akan ada habisnya.

Namun, meski Kampung Inggris sudah terkenal hingga ke seantero dunia, masih ada juga orang yang salah faham mengenai Kampung Inggris. Untuk itulah disini kami berusaha memberikan beberapa informasi mengenai Kampung Inggris.

Simak Ulasan Berikut ini :

45 Informasi Kampung Inggris Pare Yang Harus Diketahui

  1. Letak Kampung Inggris berada di Desa Tulungrejo dan Desa Singgahan – Kecamatan Pare – Kabupaten Kediri.
  2. Kallend Osen adalah pelopor berdirinya Kampung Inggris. Beliau yang mendirikan sekaligus mengembangkan komunitas bahasa inggris pada tahun 1977.
  3. Butuh waktu kurang lebih 3 jam perjalanan darat jika kamu start dari Surabaya
  4. Tidak semua penduduk Kampung Inggris berbahasa inggris. Mungkin hanya 5% nya saja yang menggunakan bahasa inggris. Karena konon julukan kampung inggris berasal dari banyaknya lembaga bimbingan belajar bahasa inggris.
  5. Lebih dari 150 lembaga bimbingan bahasa inggris di Pare Kediri, baik yang resmi maupun non resmi.
  6. Kampung Bahasa saat ini juga mulai menjadi sebutan lain dari kampung inggris. Karena selain lembaga bimbingan bahasa inggris sekarang ini juga ada banyak sekali lembaga bimbingan bahasa asing lainnya seperti Bahasa Arab, Bahasa Korea, Bahasa Jepang, dll
  7. Namun jangan salah. Meskipun penduduk lokal mayoritas tidak berbahasa inggris, nuansa bahasa inggris sangatlah kental disini. Ini bisa terjadi karena para peserta kursuslah yang meramaikan atmosfir pare dengan bahasa inggris. Para peserta kursus dituntut untuk selalu berbahasa inggris saat di camp. Dan tak jarang sampai di warung dan di luar camp pun mereka masih berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.
  8. Pada umumnya kegiatan belajar di Kampung Inggris dimulai setiap tanggal 10 dan 25 untuk tiap bulannya. Untuk waktu pendaftaran yang direkomendasikan adalah 2 minggu sebelum pelajaran dimulai. Pendaftaran bisa melalui jalur online ataupun offline.Untuk pendaftaran secara online kamu bisa klik link di bawah ini

    Informasi Kampung Inggris Pare
    Informasi Program HEC 1 PARE, KLIK DISINI
  9. Umumnya tiap lembaga kursus membagi programnya dalam durasi 2 mingguan dan 1 bulan. Jadi ketika kamu hanya mengambil kursus periode 2 minggu, maka materi yang akan kamu dapat hanya separuh dari materi satu bulan. Namun itu sudah cukup untuk bekal kamu mengarungi aktivitas kamu sehari – hari. Baik disekolah, kampus, ataupun tempat kerja kamu.
  10. Berbeda dengan jika kamu mengambil Program 3 bulan Kampung Inggris, maka kamu akan mendapatkan materi yang berbeda selama 3 bulan masa belajar kamu.
  11. Hari efektif belajar adalah hari senin – jum’at. Jadi apabila kamu mengambil kelas Grammar, biasanya ada Extra kelas di haru libur. Atau hari Sabtu karena hari Minggu umumnya semua Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Pare libur.
  12. Dalam satu hari siswa masuk 2 – 3 kali pertemuan. Untuk Grammar umumnya 3 kali pertemuan dalam satu hari, untuk speaking 2 kali pertemuan dalam satu hari dan untuk satu kali pertamuan berdurasi 1,5 jam per program (tergantung Tutor)
  13. Tiap – tiap lembaga kursus di Pare memiliki kebijakan masing – masing mengenai system belajar di kelas. Namun yang paling umum satu kelas biasa terdiri dari 20 – 30 siswa.
  14. Fasilitas dalam kelas juga berbeda – beda setiap lembaga kursus di pare. Ada yang menggunakan kursi sebagai alas belajar dan ada juga yang lesehan atau hanya menggunakan meja saja. Bahkan terkadang tidak menggunakan meja.
  15. Mengenai system belajar di Kampung Inggris lebih mengadopsi system belajar konvensional yang menekankan pada intensitas belajar, kedisiplinan dan lingkungan yang sangat mendukung.
  16. Belajar di Kampung Inggris kamu akan sangat di dukung dengan lingkungan kursus yang mayoritas menggunakan bahasa inggris, terutama di Camp kampung Inggris.
  17. Lebih dari 1000 orang setiap bulannya datang ke Kampung Inggris baik dengan tujuan untuk belajar, berwisata ataupun hanya sekedar mampir untuk merasakan atmosfer Kampung Inggris.
  18. Di Kampung Inggris kamu juga bisa lebih mudah untuk belajar bersosialisasi dan untuk pengembangan diri, karena disini banyak sekali siswa – siswi yang datang dari berbagai belahan kota dan daerah baik dari Indonesia maupun manca Negara.
  19. Di Kampung Inggris kamu juga bisa menambah networking dan belajar mengenai kebudayaan dari siswa – siswi yang datang dari berbagai tempat. Karena Kampung Inggris juga merupakan miniatur Indonesia yang disinggahi oleh orang – orang dari seluruh penjuru tanah air.
  20. Di Kampung Inggris terdapat 2 pilihan tempat tinggal. Bisa di English Area atau Camp dan bisa juga di kos biasa.
  21. Di English Area semua siswa diwajibkan berbicara menggunakan bahasa. Berbeda dengan kos biasa yang tidak ada aturan untuk aktif berbasa inggris, hanya beberapa kos biasa saja yang menerapkan aturan khusus.
  22. Untuk Camp, Standarnya satu kamar berisi 3 – 4 orang. Mengenai fasilitas tiap – tiap camp berbeda – beda. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai camp atau Asrama Kampung Inggris kamu dapat membaca pada artikel di bawah ini.

    Asrama Kampung Inggris

    asrama kampung inggris
    Asrama Kampung Inggris
  23. Biaya kos atau asrama dihitung per orang bukan perkamar. Jadi jika biaya Rp. 200.000 per bulan maka kamu harus mengeluarkan uang sejumlah Rp. 200.000 untuk tiap bulannya selama kamu masih kursus di kampung inggris. Jadi jika satu kamar di isi oleh 4 orang maka biaya yang harus kamu dan teman satu kamar kamu keluarkan adalah Rp. 200.000 x 4 = Rp. 800.000. (ini hanya contoh, untuk update biaya terbaru silakan kunjungi link Program Periode Ini)
  24. Untuk biaya kos 2 minggu tetap dihitung 1 bulan.
  25. Buat kamu yang pemula, Kampung Inggris sangat cocok sekali kamu datangi. Banyak yang datang dan belajar di Kampung Inggris dengan kemampuan bahasa inggris dasar. Jadi kamu tidak perlu minder belajar di Kampung Inggris, karena di Kampung Inggris dari yang tidak bisa menjadi bisa.
  26. Ini yang terkadang sering sekali di salah artikan. Bahwa Kampung Inggris adalah tempat ajaib yang mampu mengubah orang menjadi mahir bahasa inggris dalam sekejab. ITU SALAH BESAR. Semakin lama kamu kursus di Kampung Inggris maka akan semakin banyak materi yang kamu dapatkan. Begitu pula sebaliknya. Namun itu juga tergantung dengan kamampuan kamu menangkap materi yang diberikan oleh Tutor.
  27. Ada baiknya kamu menentukan tujuan kamu sebelum berangkat ke kampung inggris, apakah yang ingin kamu kuasai? Grammar? Speaking? Atau yang lainnya. Jangan sampai salah menentukan pilihan setelah sampai di kampung inggris pare Kediri.
  28. Semua lembaga di Kampung Inggris menyediakan sertifikat bagi para pelajarnya.
  29. Untuk menuju Kampung Inggris kamu bisa menggunakan atau mensinergikan beberapa moda transportasi seperti Bus, Pesawat, Kereta Api dan lain sebagainya. Mengenai rute menuju Kampung Inggris dapat kamu baca pada artikel di bawah ini :

    rute ke kampung inggris hec 1 pare
    Rute Menuju Kampung Inggris << klik foto
  30. Mengapa ATM, kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang di Pare sudah banyak terdapat mesin ATM di berbagai sudut. Mulai dari ATM BCA, ATM BRI, ATM MANDIRI, ATM DANAMON, ATM, CIMB NIAGA, dan Bank – Bank lainnya. Selengkapnya mengenai ATM dapat kamu baca pada artikel di bawah ini :

    fasilitas-umum-di-kampung-inggris-pare
    Fasilitas umum di kampung inggris pare kediri << klik foto
  31. Mengenai fasilitas ibadah juga jangan khawatir, di Pare Kediri ada banyak sekali Masjid, Gereja Protestan yang berjarak sekitar 1 KM, ada juga Gereja Katolik yang berjarak sekitar 2 KM.
  32. Kondisi lingkungan sekitar Kampung Inggris terbilang sudah sangat tertata. Bak lingkungan kampus, di Kampung Inggris sudah banyak warung makanan, Warnet, Laundry, Jual pulsa dll.
  33. Mayoritas alat transportasi yang digunakan di Kampung Inggris adalah sepeda. Kamu bisa menyewa sepeda hanya dengan biaya kurang dari Rp. 100.000 untuk perbulannya. Tidak ada angkot untuk jarak dekat kamupun bisa mengalihkan ke ojek.
  34. Hobi berwisata kuliner? Tak perlu khawatir, karena disini banyak sekali tempat kuliner mulai dari yang murah meriah hingga kelas restoran bisa kamu nikmati.
  35. Tidak berhenti disitu, selain makanan, barang – barang yang lain pun juga murah – murah. Karena hal inilah yang sering membuat siswa – siswi di Kampung Inggris keseringan jajan. Alhasil uang jajan menipis tanpa sadar.
  36. Toko Buku, Tempat Futsal, Minimarket, Karaoke, dan berbagai fasilitas lainnya dapat dengan mudah kamu temukan disini. Bahkan saking lengkapnya fasilitas di pare banyak pelajar yang menyebut bahwa kursus di Kampung Inggris itu Study Fun Tour. Karena memang banyak Fun nya daripada belajarnya.
  37. Soal wisata alam, tak jauh dari Pare kamu dapat berlibur ke beberapa tempat wisata seperti Bromo, Batu, Malang, Sempu Island, Gunung Kelud dll. Bahkan beberapa lembaga kursus sering mengadakan leburan ke tempat – tempat wisata tersebut ketika hari libur sabtu atau minggu.
  38. Buat para pemuda dan pemudi, salah satu julukan lain dari kampung inggris adalah kampung cinta atau kampung move-on, banyak diantara pelajar yang menuntut ilmu di kampung inggris mendapatkan pasangan sejatinya. Nah buat kamu yang sudah memiliki pasangan, bersiap – siaplah untuk menjaga hati kamu agar tidak berpaling dari pujaan hatimu sekarang ini.
    kampung inggris kediri
  39. Tidak ada Native Speaker atau Bule yang tinggal di kampung inggris. Memang terkadang ada kunjungan dari Wisatawan Asing yang ini berwisata atau memang belajar di kampung inggris. Bahkan juga ada yang mengajar namun itu tidak untuk waktu yang lama.
  40. Fasilitas Internet? Jangan ditanya lagi. Umumnya setiap fasilitas umum seperti warung makan dan taman – taman sudah menyediakan Wifi.
  41. Untuk sinyal seluler kamu juga tidak perlu khawatir, karena di pare sudah berdiri BTS / Tower perusahaan – perusahaan seluler ternama.
  42. Untuk jasa penjemputan, dalam hal ini kamu perlu berhati – hati. Pastikan jasa penjemputan yang kamu pilih adalah jasa penjemputan yang terpercaya. Salah satu tujuannya agar kamu terhindar dari calo dan markup yang berlebihan. Beberapa jasa penjemputan juga bisa kamu peroleh secara online.
  43. Apakah kampung inggris membuka cabang? Jelas tidak, karena kampung inggris hanya sebuah julukan. Jadi ketika kamu melihat ada lembaga kursus di luar Kecamatan Pare atau bahkan di luar Kediri, mungkin itu adalah cabang dari salah satu lembaga kursus di Pare.
  44. Perlu juga diketahui bahwa yang mendirikan lembaga lembaga kursus di pare mayoritas bukanlah penduduk asli pare. Bahkan pionir kampung inggris dengan lembaga BEC “Mr Kalend Osen” juga bukan penduduk asli pare.
  45. Banyak yang bilang bahwa kampung inggris sudah tidak aman lagi. Jangan terburu termakan dengan informasi yang belum jelas kebenarannya. Dimana ada sebuah keramaian, disana pasti berpotensi muncul tidak criminal. Itu sudah hukum alam. Banyak tempat – tempat yang kurang aman dan sering terjadi tindak criminal selain pare, hanya saja tidak di ekspos.

Jadi janganlah takut, karena setiap lembaga kursus pasti sudah menginformasikan dan mensosialisasikan tips – tips aman berkendara dan berinteraksi dengan orang sekitar. Dan itu umumnya adalah hal yang biasa dilakukan oleh orang – orang di tempat asalnya masing – masing.

Yang dimanapun tempatnya berhati – hati itu perlu.

Demikian 45 informasi kampung inggris yang dapat kami sajikan. Apabila ada pertanyaan atau beberapa hal kurang di mengerti kamu dapat menguhungi kontak person kami. Di link ini

Jangan lupa follow social media kami

Yuk Follow Sosial Media HEC 1 PARE
facebook kampung inggris pareg+ kampung inggris paretwitter kampung inggris pare

Atau kunjungi pada alamat dibawah ini :

Jl. Langkat No 34 Singgahan – Desa Pelem – Kecamatan Pare – Kabupaten Kediri

Telp : (0354) 369031
Whatsapp : 081259358104 / 085730839447 / 085736690064

Comments ( 3 )

Comments are closed.