Speaking atau berbicara dengan Bahasa Inggris adalah kemampuan paling diidam-idamkan oleh kebanyakan siswa. Ya, selama ini speaking menjadi masalah besar yang hampir dialami oleh semua orang. Tak jarang jika kemudian mereka berlomba-lomba mengambil kelas kursus demi bisa ngomong secara lancar dan casciscus.

Tapi, enggak semua yang sudah kursus bisa mendapatkan kemampuan yang mumpuni, walaupun sudah ambil kelas belajar speaking English loh. Jika kebetulan kamu adalah salah satu dari mereka yang merasa, sudah kursus tapi kok tetap enggak lancar ngomong ya? Mungkin ada kesalahan dalam penerapannya.  Mungkin juga kamu butuh tau rahasia dan trik agar cepat nyantol apa yang sudah dipelajari.

Rutin berbicara setiap hari minimal 10 menit

Nah, kunci yang pertama adalah praktek secara terus menerus. Enggak usah banyak-banyak, sehari kamu hanya butuh waktu 10 menit saja. Praktek ini bisa kamu lakukan sendiri di kamar dengan bantuan kaca. Lebih baik lagi jika kamu punya partner yang bisa diajak berbicara. Conversation singkat ini bisa kamu lakukan saat bertemu langsung atau di telepon. Pilihlah topik yang lekat dengan kehidupan sehari-hari kamu, tentang caranya memesan makanan di restoran, atau gojek online misalnya. Satu lagi, jangan takut salah untuk setiap kata-kata yang kamu bicarakan. Seiring waktu, kamu akan tau sendiri bagian mana yang salah dan perlu diperbaiki. Mudah bukan?

Belajar speaking English dengan terus menghapal vocabulary baru

Belajar speaking English tentu tak bisa dilepaskan dari jumlah kosakata (vocabularies) yang kamu punya. Semakin banyak vocab yang berhasil kamu hafal, maka semakin banyak pula topik yang bisa dibicarakan. Menghafal vocab ini juga ada triknya tersendiri loh. Kamu bisa membuat target berapa kata yang harus dihafal dalam satu hari. Nah, nantinya dari kata tersebut kamu langsung mempraktekkan dengan memasukkannya ke dalam setiap omongan. Tak hanya kosakata sederhana saja yang bisa kamu hafal. Kamu juga bisa nyambi menghafal idiom atau kata-kata slang, sehingga nantinya pembicaraan lebih bervariasi.

Seringlah mendengar lagu berbahasa inggris dan ikut bernyanyi

Nah, metode belajar satu ini dijamin akan lebih fun dan menyenangkan, yaitu melalui lagu berbahasa Inggris. Kamu bisa memilih lagu mana saja yang kamu sukai, putarlah berulang-ulang dan ikutlah bernyanyi. Saat sudah lumayan fasih dan bisa mengingat nadanya. Cobalah untuk menulis liriknya kata demi kata di atas kertas. Kamu bisa menggunakan metode fill the blank atau melengkapi lirik. Dengan begitu, tak hanya speaking saja, kamu juga bisa mengasah kamampuan menulis dan memahami kata dalam Bahasa Inggris.

Ubah pola pikir bahwa kamu bisa berbicara dengan Bahasa Inggris

Nah, kunci keempat adalah mengubah pola pikirmu. Jika di awal kamu merasa bahwa Bahasa Inggris adalah Bahasa kedua atau ketiga, sekarang ubahlah mentalmu dengan menjadikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pertama. Dengan begitu, kemampuanmu akan meningkat secara drastis. Dengan mental dan anggapan seperti ini kamu akan semakin bisa dan cepat belajar, bahkan mungkin jatuh cinta dengan Bahasa tersebut.

Yang paling penting adalah konsisten

Kunci selanjutnya yang maha penting adalah konsistensi. Seperti kata pepatah ‘sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit’. Hal ini juga bisa berlaku pada orang yang sedang belajar Bahasa Inggris. Enggak masalah kamu menghafal 5 vocab dalam sehari, berbicara 10 menit, serta mendengarkan satu lagu, yang penting hal tersebut dilakukan setiap hari secara rutin. Lambat laun, kamu juga akan terbiasa dan bisa ngomong tanpa terbata.

Bagaimana? Apakah 5 kunci di atas cukup membantu kamu untuk belajar lagi dan lagi, Sobat. Jangan lupa, seorang yang lancar berbahasa inggris pastinya gigih dan terus berlatih. Jika kamu mau sukses seperti mereka, yang harus kamu lakukan adalah tidak menyerah dan mau terus berusaha.

Leave a Comment