Gak terasa sudah hampir menuju ke 10 hari terakhir bulan ramadhan tahun ini. By The Way, amalan apa saja yang sudah teman – teman lakukan di bulan ini. Ups, tapi jangan di curahkan di sini ya, nanti takutnya jadi ujub. Biarlah Allah SWT yang menilai dan membalas amalan – amalan yang telah kita lakukan. Ok, kembali ke tema yang akan admin bahas pada hari ini. Tapi sebelum masuk ke tema, admin mau Tanya dulu. Sudah pernah mengikuti english camp pare? Itu lho yang ada di kampung inggris.. Oh belum ya? Wah sayang sekali. Padahal asyik banget lho, apalagi pas bulan puasa begini. Sensasinya beda banget.

Tapi ga papa. Buat kamu yang tidak mengikuti english camp pare, kali ini admin akan memberikan beberapa tips tentang belajar selama bulan puasa yang admin beri judul

5 Tips Belajar Selama Ramadhan

Sudah menjadi hal yang umum bahwa ketika masuk bulan ramadhan jadwal dan aktivitas menjadi berubah. Terutama yang jelas adalah jadwal sarapan pagi yang sedikit lebih maju daripada jam sarapan pada umumnya.

Nah keadaan seperti itu umumnya dijadikan alasan beberapa orang untuk mengurangi aktivitas mereka, termasuk belajar.

Ini yang salah, seharusnya puasa bukan dijadikan alasan untuk mengurangi jam belajar kita. Justru ketika puasa ada jam belajar yang efektif yaitu setelah sahur. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca artikel Antara Pagi Dan Malam, Waktu Belajar Yang Efektif.

Ok ga perlu kelamaan langsung saja masuk ke 5 Tips Belajar Selama Ramadhan

BIASAKAN MAKAN SAHUR

Makanlah makanan yang bergizi yang tidak sekedar mengenyangkan perut kamu. Tujuannya agar kamu mempunyai tenaga sampai nanti buka puasa. Dan yang lebih penting kesehatan kamu bisa tetap terjaga dan tetap bisa berkonsentrasi penuh saat belajar.

Ingat jangan langsung tidur setelah makan sahur. Kalau admin sih biasanya makan sahurnya di akhir banget. Biar nunggu subuhnya ga kelamaan dan setelah itu langsung berangkat ke masjid. Dan setelah pulang dari masjid bisa langsung belajar deh.

USAHAKAN TIDUR SIANG

Udah pernah dengarkan kalau tidur di bulan puasa itu ibadah? Eits, tapi jangan tidur mulu ya..

Tujuan dari itu untuk mengurangi kepenatan dan mengurangi rasa kantuk yang berlebih ketika beribadah diwaktu malamnya.

Tidak hanya itu, dengan tidur siang juga membuat otak kita bisa tetap segar lho. Asal kembali lagi, jangan berlebihan.

BELAJAR SEBELUM BUKA

Ini nih waktu yang biasanya terbuang sia – sia. Banyak para remaja yang menggunakan waktu menjelang berbuka untuk melakukan hal – hal yang kurang begitu bermanfaat seperti ngabuburit dengan hanya nongkrong di pinggir – pinggir jalan.

Padahal, sebenarnya mereka bisa melakukan hal – hal yang bermanfaat seperti halnya belajar. Bener kan?

BERBUKA DENGAN TIDAK BERLEBIHAN

Makan secara berlebihan dapat membuat kerja lambung menjadi lebih keras. Pada beberapa kasus dapat menimbulkan rasa sakit dan begah di perut yang tentunya dapat menggangu aktivitas kita. Baiknya seperti anjuran agama, berbukalah dengan yang manis – manis seperti madu dan kurma. Setelah sholat Maghrib baru deh lanjut ke makanan yang lebih berat.

BANYAK MINUM AIR PUTIH DI MALAM HARI

Perbanyaklah minum air putih di malam hari. Tujuannya karena air putih dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi dehidrasi saat siang hari sehingga kondisi tubuh kamu dapat selalu terjaga dan dapat beraktivitas seperti biasa. Dan tentunya tetap semangat ketika belajar.

Demikian 5 Tips Belajar Selama Ramadhan yang admin berikan. 5 Tips Belajar Selama Ramadhan tidak harus dilakukan di english camp pare kok. Kamu bisa mengaplikasikannya di mana saja baik itu di dalam kampung inggris maupun di luar kampung inggris.