Lagi liburan ketempat pariwisata lalu kalian bertemu bule berkeliaran disana, pengen ngajak foto atau ngobrol tapi masih minder karena Bahasa Inggrismu masih gitu-gitu aja? Atau bingung nggak tau harus mulai percakapan darimana? ssstttsss… tenang aja gak usah bingung dan minder itu semua bisa diatasi kok. Agar kalian nggak menyesal kehilangan momen-momen tersebut, yuk cek tips-tips bertemu bule berikut :

1. Kunci awalnya yaitu Senyumlah semanis-manisnya, tapi jangan cengar-cengir.

Yap tips bertemu bule yang pertama adalah tersenyum karena Senyuman menghadirkan aura yang positif. Senyum yang tulus bahwa kamu ingin berteman dengannya, jangan senyum yang cengar-cengir malah disangka kalian nggak full. Senyuman juga bisa mengurangi rasa grogimu lhoo tapi jangan lama-lama senyumnya..

2. Jangan lupain Salamnya.

Tips bertemu bule yang kedua adalah beri salam kepada bule, karena Indonesia terkenal dengan masyarakatnya yang ramah dan sopan, kalian bisa memulai dengan senyum dan memberikan salam semisal “Hello/Hi, Good Morning/Afternoon/Evening” tentunya akan dijawab seperti itu juga.

Jika dijawab, kalian bisa melanjutkan dengan pertanyaan seperti ini “Hi, How are you?” atau berkomentar tentang keindahan tempat ini “Hello, It’s beautiful place. what do you think?” atau mungkin tentang cuaca “Hi, It’s so hot. What do you think?”.

3. Ngomong panjang lebar tapi belum tau namanya. Jangan sampai terjadi.

Sebelumnya, kalian harus memperkenalkan diri dulu, Sebut nama kalian dan tujuan kalian “I am Jenny, May I know your name?” atau “I am Dina, What is your name?”. Dengan kalian tau namanya kalian akan lebih akrab dan tidak canggung lagi. Juga bisa menanyakan asalnya “Where are you from?”. Tanyakan juga apakah mereka bisa berbahasa Inggris “Excuse me, Do you speak English?”. Karena nggak semua bule itu berasal dari Amerika atau Inggris ya.

4. Jika sudah mendapat turis yang mau diajak ngobrol, jelaskan tujuan kalian.

Pasti semua orang mempunyai tujuan utama untuk melakukan percakapan dengan turis. Dan kebanyakan sih untuk mengasah ketrampilan berbicara Bahasa Inggris.

Jika kalian mempunyai tujuan serius silahkan disampaikan, seperti teman-teman dari HEC 1 program CTC 3 bulan yang sedang ujian ini

– “excuse me, do you have more time to talk?”

– “Excuse me, sir/madam. Could we talk for a while?”

– “Sir, May I talk with you?

Apabila mereka menjawab ya dan mempersilahkan “yes, please”, barulah kalian mulai percakapannya.

5. Apa yang akan kalian obrolkan?

Masih bingung kira-kira mau membahas tentang apa. asalkan kalian tidak menanyakan tentang privasinya. Beberapa contoh yang bisa kalian tanyakan :

– How long have you been in Indonesia? (untuk mengetahui kurun waktu dia sudah tinggal di Indonesia)

– What do you think of Indonesia? (untuk menanyakan pendapatnya tentang Indonesia)

– What places have you visited in Indonesia? (untuk mengetahui tempat yang sudah dia kunjungi)

– Do you like Indonesia? (apakah dia menyukai suasana di Indonesia)

Atau kalian juga bisa menanyakan pendapat :

– What do you think of…?

– What is your opinion about…?

– Do you think it is…?

 

Atau kalian juga bisa menceritakan tentang tempat-tempat yang bagus untuk dikunjungi. Bisa juga menceritakan tentang history dari tempat tersebut. Semisal di Borobudur kalian bisa menceritakan tentang tingkatan yang ada di Borobudur, dan hal yang membuat mereka tertarik untuk bercakap-cakap dengan kalian.

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dan salam perpisahan “Thank you so much for your time, It’s great could speak with you”, “I hope we can meet someday, see you”. Kalian juga bisa meminta akun media sosialnya jika dia berkenan memberikannya, sehingga pertemanan dan percakapan kalian tidak berhenti sampai situ saja “Do you have Instagram/facebook/twitter? May I know your account?”.

Itulah tips-tips bertemu bule  agar kamu tak minder lagi dan Bahasa Inggrismu juga semakin jago. Kalian juga bisa ikut program di kampung Inggris HEC 1 supaya kalian bisa berbicara bahasa Inggri secara aktif. Pilih program reguler di HEC 1 yaitu CTC (Candidate Training Class) Periode Juni-Juli-Agustus 2019. Sebelum kuotanya terpenuhi, yuk segera daftar dan jika ada pertanyaan kalian bisa hubungi kami. Selamat Mencoba!!! Hasta La Vista.

Daftar Informasi Paket CTC HEC1 2019

Buruan gabung sebelum slot penuh, jangan menunda-nunda untuk belajar bahasa inggris ya teman-teman.

Artikel lainnya :

Yuk gabung di Kampung Inggris Pare ! informasi lebih lanjut silakan klik link di bawah ini :

Informasi Program HEC 1 PARE, KLIK DISINI

 

Leave a Comment