Bahasa Inggris termasuk keterampilan untuk kamu bisa bertahan hidup, terutama bagi yang bekerja di perusahaan besar, di mana orang-orangnya aktif memakai Bahasa Inggris sebagai Bahasa komunikasi. Makanya ada banyak sekali orang yang ingin belajar. Tempat yang paling famous salah satunya adalah Kampung Inggris Pare.

Namun, sebelum kamu memulai belajar di Pare, ada baiknya kamu mengetahui dulu fakta-faktanya. Apa saja sih yang unik dan tak akan kamu temukan di tempat kursus lain. Nah, simak yuk ulasannya di bawah ini!

Awal mula sebutan Kampung Inggris

Namanya Kampung Inggris, namun bukan berarti banyak bule dari Inggris atau tempat bekas jajahan inggris ya. Kampung Inggris disematkan kepada dua desa (Tulungrejo dan Pelem) karena di dalamnya ada ratusan tempat untuk kursus Bahasa Inggris. Sehingga bagi kamu yang baru datang dan akan belajar di jamin akan bingung luar biasa memilih kursus mana yang akan kamu pilih.

Tempat kursus di Pare yang penduduknya memakai Bahasa Jawa

Walaupun Namanya Kampung Inggris, penduduk yang ada di sini memakai Bahasa Jawa sebagai alat komunikasinya. Ya, sama seperti orang jawa kebanyakan. Yang perlu kamu ketahui adalah, Bahasa Inggris hanya diwajibkan bagi mereka yang mengikuti program kursus saja. Menggunakan Bahasa inggris ini tujuannya agar terbiasa mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari dan didapatkan di kelas.

Kursus selain Bahasa Inggris

Fakta unik lainnya adalah, walaupun dikenal sebagai Kampung Inggris di mana tempat kursus Bahasa Inggris mendominasi. Di sini ada kursus Bahasa lain yang diajarkan loh. Contoh saja, kamu bisa belajar Bahasa Arab, Mandarin, Korea, dan Jerman sekaligus. Ya, mumpung sedang berada di Pare ya, kapan lagi bisa belajar banyak Bahasa dalam satu kesempatan.

Durasi belajar dan tanggal buka pendaftaran

Hamper semua tempat kursus di Pare membuka proses pembelajaran setiap tanggal 10 dan 25. Jadi bagi yang mau merasakan belajar Bahasa Inggris dari kampungnya, kamu harus datang di tanggal sebelum 10 dan 25 agar tak ketinggalan pelajaran. Adapun lama proses belajar paling singkat 2 minggu. Jika mau belajar lebih dalam, kamu bisa mengambil program 1 bulan, 2 bulan, 4 bulan bahkan 6 bulan.

Tidak libur di hari libur nasional

Inilah sisi unik lain system belajar atau kursus di Pare. Jika kamu belajar di lembaga yang ada di kota-kota, jadwalnya mungkin mengikuti kalender. Pada saat tanggal merah, kursus juga ikut rehat. Berbeda halnya dengan Kampung Inggris. Walaupun hari libur nasional, lembaga tetap mengadakan kegiatan belajar seperti biasanya. Lalu kapan liburnya? Tahun baru dan Idul Fitri.

System belajar yang menyenangkan

Yang membuat Kampung Inggris banyak direkomendasikan adalah system belajarnya yang fun dan menyenangkan. Walaupun dalam sehari kamu bisa masuk 3-4 kelas, namun pelajaran akan diserap dengan mudah. Tutor yang mengajar berbeda dengan kebanyakan guru kelas yang monoton. Kamu akan diajar sambil bermain game, mendengarkan lagu, atau di luar kelas (outdoor).

Jadi, dari fakta-fakta di atas, apakah kamu berminat untuk belajar di sini? Namun, pergi kursus di Pare juga tak menjamin kamu bisa lancar berbahasa Inggris. Kamu harus tetap praktik, belajar lagi dan lagi serta terus meningkatkan level kemampuan di luar yang diajarkan oleh tutor.

Leave a Comment