mahir bahasa inggris - kampung inggris

Mahir Bahasa inggris, sebelum masuk ke pokok artikel ini admin mau Tanya dulu. Menurut kamu bahasa inggris itu sulit gak sih? Mungkin setiap orang akan memiliki jawaban masing – masing. Yang jelas untuk saat ini bahasa inggris sudah menjadi bahasa internasional yang sering di gunakan pada acara – acara resmi dunia. Jadi, saran admin buat kamu yang saat ini masih belum lancar berbahasa inggris buruan gih belajar yang rajin. Biar bisa jadi anak yang berprestasi dan membanggakan kedua orang tua bangsa dan agama. Nggak lebay kan? 😀

Langsung masuk ke tema artikel kali ini. Pada artikel kali ini admin akan memberikan beberapa tips, tepatnya 7 Tips Mahir Bahasa Inggris. Tips ini bisa kamu praktekkan ketika kamu sedang belajar di kampung inggris ataupun tidak. Cekidot 😀

7 Tips Mahir Bahasa Inggris

  1. Belajar kelompok

Udah pernah dengarkan pepatah tentang sapu lidi? Yang itu lho, kalo satu lidi mudah patah dan kalo banyak lidi disatukan bisa menjadi kesatuan yang kuat. Udah pernah dengarkan? Ok, admin anggap sudah. Terus hubungannya sama belajar kelompok? Gini analoginya, memecahkan masalah berat tentunya akan lebih ringan bukan jika dikerjakan dan dipikirkan secara bersama – sama. Sama juga dengan belajar bersama teman, ketika ada pelajaran yang sulit untuk satu teman bukan berarti sulit juga untuk teman yang lainnya. Dan jika memang semua menganggap sulit, maka mereka akan berfikir bersama – sama untuk memecahkan masalah tersebut, ringan bukan? Dan yang pasti dengan belajar kelompok tentunya akan timbul suasana yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan belajar sendiri.

  1. Rutin membuat catatan intisari pelajaran

Nah, ini yang sering admin lakukan ketika admin masih duduk di bangku SMP. Caranya simple, setiap pokok bahasan yang ada di LKS atau buku paket admin rangkum. Yang paling sering, admin merangkum 1 LKS menjadi 4 halaman atau kalau bahasa Kediri-nya sak kebet kertas. Ada 2 keuntungan ketika kamu menggunakan cara ini, yang pertama ketika kamu membaca bab yang akan kamu rangkum, di situ kamu sudah termasuk belajar, dan ketika kamu  menuliskan rangkuman yang kamu buat, disitu kamu masuk dalam proses menghafal. Dan yang unik, setiap hasil rangkuman yang admin buat selalu diminta teman  – teman dikelas untuk belajar dadakan sebelum bel masuk berbunyi. Ini bonusnya, ketika hal ini sama terjadi dengan kamu, maka kamu juga berbuat baik dengan mempermudah teman – teman kamu untuk belajar. Asyik bukan, dengan belajar kamu bisa dapat pahala juga.

  1. Disiplin dalam belajar

Masing – masing orang memiliki metodenya sendiri dalam belajar, namun sebaiknya buatlah jadwal belajar versi kamu sendiri agar belajar kamu dapat berjalan dengan baik dan tidak berbenturan dengan jadwal kamu yang lainnya. Dan sebaiknya jadwal belajar diletakkan pada waktu – waktu yang memang kamu sudah free atau luang. Dalam artian kamu sudah menyelesaikan beberapa aktivitas rutinan kamu seperti mandi, makan, ibadah dan lain – lain. Ini bertujuan agar kamu dapat belajar dengan fokus.

Untuk referensi waktu belajar dapat kamu belajar di artikel Antara Pagi dan Malam Waktu Belajar Yang Efektif

  1. Dengarkan penjelasan guru dengan baik

Jangan sibuk sendiri ketika jam belajar di kelas. Dengan mendengarkan penjelasan dari guru kamu sudah memulai langkah awal dalam belajar atau menguasai materi pelajaran kamu. Apalagi di tambah dengan rutin membuat ringkasan setelah atau pada saat mendengarkan penjelasan guru, maka di situ kamu akan semakin mengerti apa yang sedang guru jelaskan. Dan ketika dalam membuat ringkasan ada hal yang kurang kamu mengerti, kamu dapat langsung menanyakannya kepada guru kamu seketika itu juga.

  1. Jangan malu untuk bertanya

Ini adalah sambungan dari tips yang ke empat tadi. Mengapa ini ditulis kembali. Alasannya sih simple, umumnya seseorang malu untuk bertanya kepada guru terlalu sering. Nanti dikiranya kurang pandai, cari perhatian, ngetest, iseng atau yang lainnya. Maka dari itu disini admin tegaskan, bahwa bertanya itu baik. Karena dari bertanya kamu dapat mengetahui apa yang belum kamu ketahui. Ingat “pepatah malu bertanya sesat dijalan”, nggak mau tersesat kan?

  1. Hindari belajar berlebihan

Umumnya yang terjadi di Indonesia ini adalah pola belajar dirumah yang kurang tepat. Ketika pada hari – hari biasa mereka santai – Santai saja, dan ketika menjelang hari ujian mereka terlihat panik dan belajar secara membabi buta seperti orang yang sedang panik. Iya kan? Sudah mengaku saja… 😀 Ini sungguh tidak baik, karena kemampuan otak yang terbatas, maka sebaiknya seperti yang sudah dijabarkan di atas belajarlah dengan tekun dan disiplin agar materi yang kamu pelajari dapat terserap dengan baik.

  1. Sering praktek

Karena saat ini kamu sedang belajar bahasa inggris maka, untuk lebih cepat menguasai apa yang kamu pelajari admin sarankan kamu untuk lebih sering mempraktekkan apa yang di ajarkan oleh guru kamu, terlebih pada bab conversation. Karena latihan dan terus latihan adalah kunci untuk mahir dalam suatu pelajaran.

Demikian 7 Tips Mahir Bahasa Inggris yang sudah admin berikan. Yang jelas tips ini dapat dikatakan berhasil ketika kamu mempraktekkannya dengan sungguh – sungguh baik sedang di kampung inggris atau tidak. Sebagai penutup admin doakan semoga kamu yang mempraktekkan 7 Tips Mahir Bahasa Inggris ini benar – benar mahir berbahasa inggris, dan menjadi berprestasi dengan skill bahasa inggris yang kamu miliki. Aamiin.

Comments ( 6 )

Comments are closed.