fasilitas kampung inggris pare

“Kampung Inggris Pare” – Apa yang kalian pikirkan saat pertama kali mendengar istilah tersebut? kebanyakan orang membayangkan sebuah kampung dimana para warga menggunakan bahasa inggris dalam berkomunikasi sehari-hari atau kampung yang dihuni keturunan orang Inggris ataupun dulunya bekas jajahan negara Inggris. Namun hal tersebut adalah SALAH.

Masyarakat kampung inggris pare tidak menggunakan bahasa inggris dalam sehari-hari, warganya pun bukan keturunan luar negeri. Terus kenapa dinamakan kampung inggris ???

Tidak banyak yang mengetahui dan mengerti kalau sebutan Kampung Inggris adalah untuk beberapa desa di kecamatan Pare, kabupaten Kediri khususnya desa Pelem dan desa Tulungrejo.

Berkenalan dengan sang pendiri

Seorang laki-laki sederhana kelahiran 4 Februari 1945 yang memiliki semangat belajar luar biasa, Mr. Kalend Osen yang berasal dari Kutai Kartanegara. Mr. Kalend merupakan santri di Pondok Modern Gontor di Ponorogo, Jawa Timur. Ketika beliau menginjak kelas lima, dengan terpaksa harus meninggalkan bangku sekolah karena tidak bisa menanggung biaya pendidikannya. Bahkan beliau kekurangan uang saku untuk pulang ke kampung halamannya.

Mr. Kalend Osen Pendiri Kampung Inggris
Mr. Kalend Osen Pendiri Kampung Inggris

Dalam situasi yang sulit, seorang temannya memberitahukan bahwa di Pare – Kediri ada seorang ustadz yang bernama Kyai Haji Yazid, beliau menguasai delapan Bahasa Asing. Akhirnya Mr. Kalend mempunyai niat untuk pergi ke pare dan berguru kepada Ustadz tersebut dengan harapan setidaknya dapat menguasai satu atau dua bahasa asing darinya. Kemudian Mr. Kalend tinggal dan belajar di Pondok Pesantren Darul Falah, Desa Singgahan, milik Ustadz Yazid.

Kisah saat belajar di Pare

Suatu hari, datang 2 pemuda yang merupakan mahasiswa dari IAIN Sunan Ampel Surabaya (sekarang UIN Sunan Ampel Surabaya). Maksud dua mahasiswa ini adalah untuk belajar Bahasa Inggris dengan Ustadz Yazid, untuk persiapan mereka menghadapi Ujian Negara yang akan diadakan sekitar 2 minggu lagi di kampusnya. Namun, pada saat itu Ustadz Yazid sedang di Majalengka.

Sehingga mereka hanya menemui Ibu Nyai, dan mereka disarankan untuk belajar dengan Mr. Kalend yang ketika saat itu sedang menyapu halaman pondok. Mereka menghampirinya dengan membawa 350 soal dalam bahasa Inggris. Dan mereka belajar mengerjakan soal-soal tersebut cukup singkat hanya dengan waktu 5 hari.

Berdirinya BEC (Basic English Course), Lembaga kursus Pertama

Setelah itu, 2 mahasiswa kembali ke Surabaya untuk melakukan Ujian. Selang satu bulan, 2 mahasiswa tersebut kembali ke pare menemui Mr.Kalend dengan membawa kabar bahagia bahwa mereka lulus dengan nilai memuaskan. Berkat keberhasilan 2 mahasiswa itu akhirnya banyak yang mengikuti jejaknya. Promosi gethok tular dari mulut ke mulut pun menjadi awal terbentuknya kelas pertama di Kampung Inggris.

BACA JUGA : Prospek Kerja Lulusan Kampung Inggris Pare

Sejak masa itu, tepatnya 15 Juni 1977 di Dusun Singgahan Desa Tulungrejo, Mr. Kalend Osen mendirikan lembaga kursus Bahasa Inggris bernama Basic English Course (BEC) dengan 6 siswa dikelas perdananya. Para siswa itu tidak hanya dibina dari segi kemampuan berbahasa inggris, tapi juga dari segi ilmu agama.

Lahirnya lembaga kursus lain, terciptanya kampung inggris pare

Pada tahun 1990-an banyak sekali peminat kursus Bahasa Inggris di BEC. Akhirnya banyak alumni yang termotivasi untuk mendirikan lembaga kursus sendiri untuk menampung para siswa yang tidak dapat belajar di BEC karena kuota sudah penuh. Salah satu yang menjadi cabang resmi kedua dari BEC adalah HEC 1, yang berdiri pada tahun 1997.

Sekarang ini Kampung Inggris menjadi tempat pembelajaran Bahasa Inggris terbesar di Indonesia dan dengan adanya ratusan lembaga kursus di Kampung Inggris, maka perekonomian penduduk sekitar meningkat dengan pesat. Bahkan sekarang, tak hanya lembaga kursus Bahasa Inggris saja, mulai dari Bahasa Arab, Mandarin, Jerman, Korea, Jepang dan masih banyak lagi yang lain.

Sudah tak perlu bingung lagi untuk belajar bahasa asing dimana, cukup datang ke Kampung Inggris maka kalian akan menemukan bahasa asing yang ingin kalian pelajari. Saat ini dan dimasa yang akan datang, Mr. Kalend Osend akan selalu dikenal sebagai tokoh terpenting dalam sejarah Kampung Inggris Pare.

 

Karena banyaknya lembaga kursus bahasa inggris di sini, maka melekatlah istilah kampung inggris Pare. Bahkan hal ini menjadi brand bagi kecamatan Pare dan Kediri. Memang proses belajar yang diterapkan disini berbeda dengan sekolah atau lembaga kursus lainnya.

BACA JUGA : Keseruan belajar di kampung inggris Pare

HEC 1 Pare sendiri sebagai cabang resmi dari BEC yang mengutamakan kedisiplinan dalam belajar telah menciptakan ribuan lulusan yang berkualitas. Program belajar yang variatif bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu belajar.

Misalnya sebentar lagi adalah masa liburan bulan ramadhan dan lebaran. kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk pergi ke kampung inggris belajar bahasa inggris di bulan ramadhan yang penuh keberkahan dan mengenal lebih dalam kampung inggris pare.

Libur Ramadhan

  1. Liburan Ramadhan Berkah 1 Minggu ~ Periode 6 Mei 2019
  2. Liburan Ramadhan Berkah 2 Minggu ~ Periode 6 Mei 2019
  3. Liburan Ramadhan Berkah 3 Minggu ~ Periode 6 Mei 2019
  4. Liburan Ramadhan Berkah 1 Bulan ~ Periode 6 Mei 2019
  5. Liburan Ramadhan Berkah 1 Minggu ~ Periode 13 Mei 2019
  6. Liburan Ramadhan Berkah 2 Minggu ~ Periode 13 Mei 2019
  7. Liburan Ramadhan Berkah 3 Minggu ~ Periode 13 Mei 2019

Liburan Lebaran

  1. Liburan Lebaran Seru 1 Bulan ~ Periode 17 Juni 2019
  2. Liburan Lebaran Seru 1 Minggu ~ Periode 17 Juni 2019
  3. Liburan Lebaran Seru 2 Minggu ~ Periode 17 Juni 2019
  4. Liburan Lebaran Seru 2 Minggu ~ Periode 17 Juni 2019
  5. Liburan Lebaran Seru 1 Minggu ~ Periode 24 Juni 2019
  6. Liburan Lebaran Seru 2 Minggu ~ Periode 24 Juni 2019
  7. Liburan Lebaran Seru 3 Minggu ~ Periode 24 Juni 2019

Jangan sungkan Hubungi kami jika membutuhkan informasi lainnya seputar kampung inggris ya  🙂
HEC 1 Pare
Jl. Langkat 34 Singgahan – Pelem – Pare – Kediri 64213
P : +62 812-5935-8104 (WA)
P : +62 857-3083-9447 (WA)
E : [email protected]
W : https://hec1pare.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *