Bedah Kata “PRACTICE” – Nggak cukup dengan hanya niat saja. Jika seseorang ingin mahir bahasa inggris, umumnya seseorang akan melewati fase yang satu ini yaitu practice (praktek). Belajar bahasa inggris juga tidak bisa hanya dalam angan – agan saja.

Coba cek di banyak lembaga pendidikan ataupun di situs – situs yang memeberikan tips bagaimana agar mahir bahasa inggris dalam waktu yang singkat. Disana pasti ditekankan praktik, praktik, dan praktik. Tidak mungkin seseorang mampu menguasai bahasa inggris tanpa praktik. Kecuali dia anak ajaib. Karena sedahsyat apapun tips yang diberikan, tanpa dipraktekkan maka hasilnya akan nihil alias tanpa hasil.

Bedah Kata “PRACTICE”

Dalam artikel ini admin akan membedah satu kata yang sacral yang dalam pengaplikasiannya sangatlah penting. Perhatikan baik – baik penjabaran 8 huruf berikut dan sebisa mungkin aplikasikanlah dalam kehidupanmu.

P : Plan Your Learning Activities

Dalam belajar, kamu harus memiliki rencana. Tanpa perencanaan sama saja seperti traveling tapi tak tahu harus pergi kemana. Jangan pernah memandang remeh sebuah perencanaan. Karena ketika kamu memiliki sebuah perencaranaan, maka tujuan yang akan kamu capai akan jauh lebih mudah untuk direalisasikan dengan mengikuti rencana yang telah kamu buat dan kamu susun dengan matang dan penuh perhitungan.

R : Record Your Voice and Read Aloud Each Day

Agar mampu menguasai bahasa inggris dengan cepat, masukkan dua aktivitas ini yaitu record dan read dalam rencana kamu. Rekam suara kamu dan dengan kembali. Kegiatan seperti ini sangat bagus untuk mengecek seberapa banyak kosakata yang sudah kamu kuasai. Dan nilai lebihnya, dua aktivitas ini juga mampu menambah rasa percaya diri kamu.

A : Avoid Word-For-Word Translation

Sebisa mungkin untuk menghindari menterjemah setiap kata dalam bahasa inggris karena kurang efektif. Metode ini sering sekali digunakan oleh seseorang yang baru belajar bahasa inggris. Mereka menterjemahkan setiap kata baik dari Indonesia ke inggris ataupun sebaliknya.

Menterjemahkan setiap kata dalam bahasa inggris sangatlah tidak efektif. Terlebih ketika sedang ngobrol dengan seorang bule atau seorang partner. Karena metode ini akan memperlambat pemahamanmu tentang apa yang mereka maksud. Jika tak tahu arti dari sebuah kata yang mereka ucapkan, maka kamu cukup mengetahui beberapa kata saja, yang penting kamu mengetahui apa yang mereka maksud dan obrolan dapat terus berlanjut.

C : Check Your Accent

Untuk mahir bahasa inggris, kamu harus mengetahui apa itu aksen. Sampai sekarang ini hanya ada dua yaitu aksen amerika dan aksen british. Pernah nonton film Narnia atau Harry Potter? Dalam film tersebut sangat kental sekali aksen britishnya. Atau Star Trek yang penun dengan aksen amerika.

Pada dasarnya kamu tidak harus memiliki aksen kebule – bulean. Yang terpenting dari belajar bahasa inggris adalah kamu mampu mengucapkan atau melafalkan sebuah kata dengan benar. Dalam hal ini dibahas dalam materi pronunciation.

To be continue…


Kampung Inggris Pare

Yuk gabung ke kampung inggris pare kediri

Informasi Kampung Inggris Pare
Informasi Program HEC 1 PARE, KLIK DISINI

Follow Sosial Media HEC 1 PARE
facebook kampung inggris pareg+ kampung inggris paretwitter kampung inggris pare