Dewasa ini banyak orang yang ingin menguasai bahasa inggris dengan cara otodidak. Berbagai alasan mereka ungkapan ketika ada yang menanyakan mengapa mereka tidak mengikuti kursus yang berbayar agar proses belajarnya lebih terstruktur dan juga hasilnya dapat dipastikan lebih baik daripada belajar dengan cara otodidak. Mulai dari tidak tergantung pada waktu atau waktu yang fleksibel hingga sampai pada alasan biaya.

Pertanyaannya, apakah belajar secara otodidak itu salah dan tidak akan berhasil?

Jawabannya bisa iya bisa tidak. Kita lihat saja pada prosesnya. Yang jelas ada sebuah ungkapan yang berbunyi “hasil tidak akan menghianati usaha”. Jadi buat kamu yang ingin belajar bahasa inggris secara otodidak, berikut ini beberapa tips dari HEC 1 PARE yang mungkin cocok untuk kamu terapkan saat belajar.

Belajar Bahasa Inggris Otodidak Dengan Rumus 3H

Dikutip dari situs australiaplus.com dijelaskan bahwa pada inti pada rumus 3H ini adalah mencatat. Sebagaimana definisi dari 3H sendiri yaitu Here, Hidden, dan Head. Pengaplikasian pada saat mencatat bisa dari mana saja. Bisa dari artikel dari internet atau dari sebuah buku bacaan yang secara tidak sengaja kamu temukan.

Here

‘Here’ merujuk pada informasi harfiah. Informasi ini tidak memerlukan interpretasi dan merujuk pada apa yang ada dihadapan kamu.

Hidden

‘Hidden’ merujuk pada menginterpretasikan petunjuk – petunjuk dalam sebuah tulisan dan mencari maknanya. Petunjuk tekstual mengacu pada apa yang tidak tertulis atau dikatakan tapi sebaliknya adalah apa yang kamu dapat interpretasikan dari membaca sebuah tulisan.

Contoh :

“Go away! I don’t like you!” Johnny said.

(menjauhlah dariku! Aku tidak suka kamu!” kata Johnny.”)

Dari kalimat diatas dapat diartikan atau terlihat bahwa Johnny sedang marah kepada seseorang. Ini dapat terlihat dari makna tulisan atau perkataan meski Johnny tidak menggunakan kata ‘angry/marah’. Namun dapat dilihat dari frasa atau kata – kata yang diucapkan oleh Johnny seperti ‘don’t like’ dan ‘go away’. Ini menginterpretasikan bahwa Johnny sedang marah kepada seseorang.

Head

‘Head’ mengacu pada hal-hal yang melampaui tulisan yang anda baca dan pikirkan bagaimana mengaplikasikan kata-kata itu di sekitar anda.

Mudah bukan, jika kamu kurang mengerti maka baca artikel ini berkali – kali dan coba cari contoh yang lainnya untuk semakin memperkuat penyerapan rumus 3H ini.


Kampung Inggris Pare

Yuk gabung ke kampung inggris pare kediri

Informasi Kampung Inggris Pare
Informasi Program HEC 1 PARE, KLIK DISINI

Follow Sosial Media HEC 1 PARE
facebook kampung inggris pareg+ kampung inggris paretwitter kampung inggris pare