dasar - dasar speaking - kampung inggris

Hai guys, gimana kabarnya setelah membaca artikel sebelumnya yang berjudul hampir sama dengan ini yaitu Dasar – Dasar Speaking (Berbicara Bahasa Inggris) – Part 1 (Cuma beda part saja). Sudah merasa tambah belum dari segi ilmunya? Yang jelas orang bijak akan berkata tambah, namun meski ilmu kamu tentang speaking sudah sedikit bertambah jangan berpuas diri ya. Karena yang namanya belajar harus terus dilakukan. Hal ini senada dengan sebuah pepatah berbahasa inggris yang berbuyi “Learning is never ending adventure”, yang artinya “Belajar adalah petualangan yang tidak pernah berakhir”.

Dan tak perlu berlama – lama, mari kita lanjutkan pembahasan untuk materi sebelumnya yang dalam hal ini akan admin beri judul yang mirip dengan judul artikel sebelumnya.

DASAR – DASAR SPEAKING (BERBICARA BAHASA INGGRIS) – PART 2

Berbicara dasar maka untuk artikel kali admin hanya akan melanjutkan 4 bahasan saja setelah pada artikel sebelumnya dibahas tentang 3 dasar – dasar speaking.

MENGGUNAKAN I’M  + KATA KERJA

Ketika kamu menggunakan kata I’m yang ditambah dengan kata kerja, maka berarti kamu saat itu sedang mengekspresikan sebuah tindakan atau hal yang mengenai diri kamu yang terjadi saat itu juga. Contohnya seperti kalimat berikut ini :

I’m drawing a cartoon.
I’m eating too much.
I’m having a child.
I’m getting a lot of money.

MENGGUNAKAN I’M GETTING

Kata I’m getting dapat kamu gunakan ketika kamu sedang memperoleh sesuatu, mencapai sebuah hal penting, dan mendapat sebuah pengakuan. Contohnya seperti kalimat berikut ini :

I’m getting sick.
I’m getting married.
I’m getting a new car.
I’m getting older.

MENGGUNAKAN I’M TRYING

Untuk yang satu ini (I’m trying) memberitahukan kepada seseorang bahwa kamu sedang mencoba, berusaha, dan menggunakan segenap kekuatan kamu untuk mencapai sesuatu hal. Seperti kalimat berikut ini :

I’m trying to have a house.
I’m trying to get a new job.
I’m trying to approach my client.

MENGGUNAKAN I’M GONNA

Gonna merupakan kata yang sejatinya merujuk pada Going to dan digunakan untuk memberitahukan rencana kamu di masa depan kepada orang lain. Namun pada dasarnya Gonna dalam kalimat tertulis tentu saja salah, namun dalam konteks speaking tetap benar. Untuk contoh silakan lihat contoh kalimat di bawah ini :

I’m gonna climb Semeru next week.
I’m gonna eat a pizza tonight.
I’m gonna teach mathematics in this class next year.

4 dasar – dasar speaking sudah admin jabarkan. Jika digabungkan dengan artikel sebelumnya yang berjudul dasar – dasar speaking (berbicara bahasa inggris) – part 1 maka total ada 7 dasar – dasar speaking.

Baca : Berbicara Bahasa Inggris – Part 1

Pada dasarnya ini memang benar – benar menjadi pelajaran dasar pada pelajaran bahasa inggris. Jadi jangan heran jika materi ini juga kamu temukan jika kamu belajar di kampung inggris. Jadi semangat belajar ya 🙂