Selain program apa yang harus diambil, hal yang enggak kalah penting adalah besarnya biaya hidup yang harus kamu keluarkan selama satu bulan les di Pare. Ya dong pastinya, karena biaya ini sifatnya tak bisa ditawar-tawar bukan ? Nah, secara garis besarnya, ada tiga biaya fundamental yang wajib kamu sediakan, yaitu biaya kursus (belajar) biaya makan, dan biaya kos. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas secara detail.

Biaya kursus (belajar)

biaya les di Pare

Nah, komponen yang paling utama adalah biaya yang harus kamu keluarkan selama proses les di Pare. Di Kampung Inggris ini belajar relative lebih murah jika hendak kita bandingkan dengan lembaga Bahasa Inggris yang ada di kota-kota besar. Dari semua lembaga, untuk program dua minggu yang paling murah berkisar 100.000-110.000. sedangkan program satu bulan paling murah 200.000-250.000. Bayaran tersebut berlaku untuk satu mata pelajaran yang kamu ambil. Jika kamu mengambil 3 mata pelajaran misalnya, maka bisa dihitung sendiri berapa jumlah keseluruhan yang arus dibayar. Jika kamu akan mengambil kelas IELTS/TOEFL, biayanya bisa mencapai 1 juta-an (ini adalah yang paling mahal). Untuk lebih detail biaya kursusnya bisa diliat disini ya

Biaya kos (camp)

biaya kos selama les di Pare

Setelah kursus, biaya lain adalah tempat tinggal, entah itu kos atau camp. Apa perbedaannya? Jika berada di kost, kamu akan punya waktu bebas melakukan apapun di luar jam belajar di kelas. Jika berada di camp, kamu akan tinggal di area instansi terkait di mana kamu belajar. Camp biasanya punya aturan khusus yang harus kamu patuhi karena ada tutor yang mengawasi. Mereka yang memilih camp akan ditambah dengan pelajaran ekstra di luar kelas. Sebagai catatan, kebanyakan kos memberlakukan sistem hitungan per kepala bukan per kamar. Jadi jika kamu tinggal berdua satu kamar, sedangkan biayanya satu bulan 300 ribu, maka yang kalian bayar adalah 600 ribu.

Biaya makan (jajan)

biaya makan selama les di Pare

Pare adalah kampung kecil di mana kamu bisa mendapatkan makanan dengan harga yang sangat terjangkau. Bermodalkan uang 5000 rupiah kamu sudah bisa makan nasi, tahu-tempe, sayur, serta gratis air putih. Sedangkan jika ingin lebih enak, kamu bisa membeli makan daging yang berkisar sekitar 7000-8000. Jika memang ingin lebih nikmat, ada kafe yang bisa kamu kunjungi berbekal uang 10.000-15.000. semua bisa diatur sesuai dengan budget yang kamu punya. Jika kamu tipe orang yang hemat, sehari bisa habis 15.000-18.000. sebaliknya, jika kamu sedikit boros maka 30 ribu rupiah bisa ludes dalam sehari.

Keperluan tak terduga

keperluan tak terduga selama les di pare

 

Nah, kadang ada nih keperluan tak terduga yang juga tidak kita list sebelumnya. Misalnya saja, ketika pergi berjalan bersama teman, kamu melihat benda yang menarik hati dan ingin membeli. Karena ketika les di Pare, banyak sekali orang yang menjajakan souvenir, tas, serta baju-baju khas seperti oleh-oleh di kebanyakan tempat wisata. Selain itu, menjelang perpisahan, kamu juga kadang harus mengeluarkan uang untuk merayakan perpisahan kalian. Jadi selain tiga uang untuk keperluan wajib di atas, kamu juga harus memikirkan kebutuhan yang tak terduga.

Nah, jadi sudah punya bayangan kan berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk hidup selama dua minggu atau satu bulan atau lebih di Kampung Inggris Pare? Yuk, bagi siapapun yang mau kursus di sana, siapkan tabungan dari sekarang.

Leave a Comment