present continuous tense

Terbit pada 29 December 2019

Kategori : daftar kampung inggris, hec 1 pare, info kampung inggris, kursus bahasa inggris, kursus kampung inggris, program kampung inggris, sukses bahasa inggris

Tags : belajar bahasa inggris, belajar di kampung inggris, grammar kampung inggris, kampung inggris pare, materi bahasa inggris pemula, materi grammar, materi grammar pemula


PRESENT CONTINUOUS TENSE - Dalam belajar bahasa inggris kita mengenal ada 16 tenses yang harus dipelajari untuk menyempurnakan bahasa Inggris kita. Mengerti tenses sangat berguna untuk menentukan perubahan apa yang bisa kita lakukan terhadap bentuk kata kerja menyesuaikan dengan waktu terjadinya. Dari 16 tenses, tulisan ini akan berfokus untuk mengulas salah satu tenses yaitu Present Continuous. Penting bagi Anda untuk mempelajari tense satu ini. Bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda, tapi juga karena tense ini menjadi salah satu tenses yang sering dipakai dalam sebuah percakapan.

PRESENT CONTINUOUS

Present Continuous merupakan tense bentuk yang menunjuk pada tindakan yang sedang berlangsung sekarang atau ketika pembicaraan itu sedang berlangsung. Jadi tindakan itu sudah dimulai, dan belum berakhir ketika pembicaraan itu berlangsung. Tense ini juga bisa digunakan untuk menjelaskan sebuah kejadian yang terjadi dengan singkat dan atau yang telah terjadi dalam rentang waktu yang lama.

Berikut ini merupakan contoh kalimat dalam Present Continuous yang di sesuaikan dengan situasi yang terjadi :

  1. Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.

Contoh : Mr. Tony is making design of the house.

  1. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.

Contoh : The class will start at 8 AM tomorrow.

  1. Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.

Contoh : My parents is getting older.

RUMUS PRESENT CONTINUOUS

Berikut ini adalah formula yang bisa digunakan untuk membuat kalimat dalam bentuk Present Continuous Tense.

A. Kalimat Positif:

subject + to be (am, is, are) + Verb – ing + object

Contoh : She is doing her homework now

B. Kalimat Negatif :

subject + to be + not + verb – ing + object

Contoh : She is not doing her homework now

C. Kalimat Tanya :

to be + subject + verb – ing + object

Contoh : Is she doing her homework now?

Masih bingung dengan jenis tense satu ini? Perhatikan contoh ilustrasi berikut ini.

Misalnya, Laura dan James pergi ke KFC untuk merayakan ulang tahun Laura. Jika Anda ingin menceritakan hal ini setelah Laura dan James selesai (dalam artian menceritakan cerita Laura dan James di KFC setelah Laura dan James pulang dari KFC) maka Anda harus menggunakan past tense. Misalnya:

Laura and James queued for a long time before they get to order from their menu. = past tense.

Namun, jika Anda ingin menceritakan cerita Laura dan James saat sedang berada di KFC dan apa yang mereka lakukan disana, maka Anda harus menggunakan present continuous tense. Misalnya:

They are sitting next to the window on the second floor, so they get to see the scenery of the whole town. (menunjukkan aktivitas yang sedang dilakukan oleh Laura dan James saat di KFC.)

Itu dia penjelasan mengenai present continuous beserta contohnya untuk memudahkan Anda belajar. Banyaklah berlatih dan melihat contoh-contoh kalimatnya kemudian, anda juga bisa belajar di HEC 1 agar pemahaman anda di bahasa inggris ini semakin meningkat. Selamat belajar!

Baca juga : Simple Present

Artikel Lainnya

WhatsApp Sekarang
We use cookies to personalize content and to analyze our traffic. Please decide if you are willing to accept cookies from our website.