Hal yang pastinya diimpikan oleh setiap orang yang belajar bahasa inggris adalah bisa berbicara dengan lancar dan benar tanpa tersendat. Namun, kembali lagi berbicara dalam bahasa asing ini adalah hal yang tak mudah jika kamu tak benar-benar bersungguh-sungguh. Sebaliknya mereka yang rajin mencoba lagi dan lagi akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Ya, seperti yang kita pahami bersama bahwa berbicara bahasa asing adalah hal yang harus dilatih dan dibiasakan. Nah, bagi kamu yang ingin mengambil kursus speaking bahasa inggris, pastikan kamu memperhatikan hal-hal berikut ini ya!

Jangan terlalu memikirkan grammar

Grammar adalah tata bahasa atau aturan yang diterapkan dalam bahasa inggris. Grammar ini biasanya membuat pusing pembelajar non-native, karena dalam bahasa Indonesia sendiri, kita tidak memiliki tata bahasa atau grammar. Grammar memang diperlukan untuk kamu yang akan mengikuti ujian, tes masuk perguruan tinggi, atau tes beasiswa. Tetapi, jika Sahabat semua ingin belajar bagaimana lancar speaking bahasa inggris, maka jangan terlalu banyak memikirkan grammarnya. Hal tersebut malah membuatmu takut salah dan enggak maju-maju.

Belajarlah banyak frase

Kosakata yang banyak saja tidak bisa menjamin seseorang bisa berbicara bahasa inggris dengan benar. Karena pada akhirnya, untuk berbicara kamu perlu menggabungkan banyak kosakata menjadi kalimat bukan? Hal yang harus dipelajari lain adalah frase. FYI, jika kamu belajar 1 frase saja, kamu bisa jadi mahir berbicara hingga 100 lebih kalimat dalam bahasa inggris loh. Enggak percaya? Coba deh terapkan sendiri!

Yuk belajar cara pengucapan yang benar

Pronunciation adalah hal mendasar lain dalam bahasa inggris. Saat kamu sudah mencoba menghafal banyak vocabularies, pastikan bahwa kata yang kamu maksud kamu ucapkan dengan benar. Ya, dalam bahasa inggris, pengucapan kata yang salah bisa saja merubah makna dan membuat orang yang mendengar misunderstanding dengan apa yang kamu maksud. Seperti contohnya adalah Vehicle, kata tersebut harusnya kamu ucapkan seperti ini /VEE-IKL/, dan bukan: /vee-Hikl/.

Menghafal dan belajar saja tak cukup, kalau TIDAK dipraktekkan

Poin terakhir yang maha penting adalah praktek, ptaktek, dan praktek. Membaca, mendengar, dan memang merupakan hal yang pastinya menjadi modal sebelum kamu memutuskan untuk berbicara. Namun, berbicara adalah satu-satunya persyaratan untuk menjadi lancar. Jika kamu terus menerus belajar tapi takut mengungkapkan, goodbye. Kamu tidak akan pernah bisa berbicara sepanjang hidupmu. Justru dari kesalahan-kesalahan yang kamu buat, kamu bisa belajar lebih.

Nah, itulah empat hal fundamental yang harus diketahui oleh kamu yang memutuskan untuk mengambil kursus speaking bahasa inggris. Kalau sudah punya bekal di atas, yakin deh kamu akan bisa menyamai lidahnya para native speaker.

Leave a Comment