guru bahasa inggris kampung inggris

Mungkin sungguh tidak menyangka bahwa pemilik e-commerce terbesar di China ini adalah mantan guru bahasa inggris. Memang banyak yang tidak menyengka bahwa seorang mantan guru bahasa inggris yang berperawakan kecil dan berpenampilan kurang meyakinkan ini bisa memiliki sebuah perusahaan berkelas internasional seperti Alibaba Group.

Seorang jack ma adalah pribadi yang sederhana dan bukanlan seorang yang ahli dalam bidang computer. Di bahkan belum pernah menyentuh computer sebelum thaun 1995. Namun sekarang jack mampu menjadi seorang pebisnis sukses dan mampu bersaing dengan perusahaan e-commerce sekelas ebay yang notabene pernah menjadi perusahaan e-commerce terbesar di dunia.

Tertarik dengan bahasa inggris sejak usia 12 tahun, jack ma menghabiskan waktunya sebagai seorang pemandu gratis dengan mempraktekkan bahasa inggris yang dia kuasai. Pengalaman itu yang membuat jack lebih terbuka dan lebih mengglobal jika di bandingkan dengan teman – temannya yang lain.

Awal Mula Menjadi Guru Bahasa Inggris

Berbekal tekad yang kuat, jack ma mengikuti ujian masuk di sebuah universitas yang berada di Hangzhou. Dengan proses yang tidak mudah akhirnya Ma bisa masuk ke universitas yang di tuju. Lulus dari universitas Ma adalah satu – satunya lulusan yang ditugaskan untuk mengajar di Universitas dengan gaji setara dengan 114 ribu – 142ribu jika di Indonesia.

Dan Ma tetaplah Ma yang selalu memiliki impian yang tinggi. Ma berharap setelah selesai mengabdikan dirinya selama lima tahun ia akan memulai bisnis hotel ataupun yang lainnya.

Dan akhirnya pada tahun 1992 MA melamar ke berbagai perusahaan dan di berbagai posisi namun tetaplah tidak ada yang lolos. Kala itu Ma hanya berhasil lolos sebagai sekretaris manager di sebuah gerai makanan cepat saji. Di sana Ma bertugas sebagai penerjemah sebuah delegasi perdagangan.

Waktupun  terus berlalu hingga seorang teman memperlihatkan internet kepadanya. Dan mulai saat itulah kehidupan MA mulai berbalik arah.

Pada tahun 1999 Alibaba.com diluncurkan oleh Ma bersama timnya yang berjumlah 18 orang. Di situs ini Ma berharap bisa memfasilitasi para pengusaha kecil dan menengah untuk mengambangkan perusahaan mereka.

Dengan proses yang panjang dan melelahkan, dengan sering sekali melakukan perbaikan pada kesalahan yang terjadi, sedikit demi sedikit Alibaba bangkit dan tumbuh menjadi perusahaan yang besar.

Di bawah kepemimpinan Ma Alibaba menjadi perusahaan yang berkembang pesat dan mencapai puncaknya. Hingga sekarang Alibaba Group memiliki  berbagai perusahaan di bawahnya seperi Taobao, serach engine (yahoo! China), Alipay, Alisoft dan beberapa perusahaan yang lainnya.