jangan takut salah - kampung inggris

Jangan takut salah. Inilah yang biasa menghantui banyak orang sebelum melakukan sesuatu. Bahkan yang paling parah adalah ketika orang itu sudah mengetahui resiko yang akan di alami yang sebenarnya itu tidak terlalu buruk tetap saja dia ragu untuk memulai. Apa masalahnya?

Yang umum terjadi ketika seseorang mengalami hal tersebut adalah kurangnya mental. Ya, sedikit banyak mental sangat berpengaruh terhadap seseorang yang akan memulai sesuatu. Terlebih itu yang yang krusial. Seperti halnya ujian nasional atau apapun itu.

Jangan Takut Salah! Yakinlah Bahwa Ada Hal yang Jauh Lebih Besar dari Kesalahan yang Kamu Lakukan

Bersikap hati – hati itu memang baik. Namun jangan terlalu berlebihan. Karena sikap berhati – hati yang berlebihan justru akan membuat kamu tidak berani untuk mengambil sikap. Bukankah itu sungguh merepotkan? Memang, tidak orang yang nyaman ketika melakukan kesalahan. Terlebih jika kesalahan itu berdampak luas dan melibatkan banyak orang. Disitu yang terjadi kita akan merasakan berbagai hal mulai dari rasa takut, bingung, malu, dan berbagai ekpresi merasa bersalah yang lain.

Namun yang perlu kamu tahu bahwa tidak ada satu orangpun yang tidak pernah melakukan kesalahan. Seseorang yang sudah memiliki kemampuan berkelas duniapun harus melalukan berbagai kesalahan untuk mencapai kemampuannya yang sekarang ini.

Dan satu lagi yang perlu kamu tanamkan dalam – dalam ke lubuk hati kamu, bahwa manusia adalah makhluk social. Jadi untuk menanggulangi sebuah kesalahan kamu harus bersosialisasi. Terlebih dengan orang –orang yang sebidang dengan sesuatu yang sedang ingin kamu capai.

Missal,

Ketika kamu ingin mahir berbahasa inggris, maka kamu akan bergaul dengan orang – orang yang mahir atau sedang belajar bahasa inggris. Missal pergi ke kampung inggris.

Ketika kamu ingin mengembangkan bisnis kamu, maka kamu akan bergaul dengan pengusaha atau calon pengusaha yang sedang berproses.

Dan masih banyak contoh lainnya yang dapat kamu jadikan acuan. Perhatikan mereka – mereka yang sudah sukses sebelumnya kamu. Pelajari apa – apa saja yang mereka lakukan yang bisa membuat mereka seperti sekarang ini. Lakukan yang bisa kamu lakukan. Ingat jangan memaksakan diri.

Artikel ini adalah pengembangan dari kutipan yang di tulis siswi HEC 1 pada program BTC – CTC Son 77 2016

jangan takut salah - quote kampung inggris
Devanada Rubayi – BTC – CTC 77 Son 2016

Do a kindness right now! don’t be afraid of wrong. Studying in hec 1 is a great experience, i think hec 1 is my second family, i have much new friends from others city, really i’m so happy can is in pare, for madam wahyu and all teachers of hec 1 you are amazing, keep spirit and keep smile for us. i love you

Devanada Rubayi