Kapan Menggunakan Kalimat Pasif Dan Aktif – Bukan hanya dalam bahasa Indonesia saja dalam bahasa inggris juga ada dua jenis kalimat yaitu kalimat aktif dan juga kalimat pasif. Dalam kalimat aktif subyeknya aktif melakukan suatu kegiatan. Dan pada kalimat pasif subyeknya hanya mendapat perlakuan dari orang lain atau sesuatu.

Dalam bahasa inggris ada 16 Tenses. Dan pada setiap tenses ada pasif dan aktif. Namun dalam sesi ini kita akan berfokus pada present prefect saja. Tujuannya agar kamu lebih tahu mana yang aktif dan mana yang pasif.

Kapan Menggunakan Kalimat Pasif Dan Aktif

Untuk mempermudah perhatikan 2 contoh kalimat beserta terjemahannya berikut. Namun walaupun ada terjemahnya, usahakan untuk tidak melihat terjemahnya. pahami kalimat yang dalam bahasa inggris ya. Tujuan diberi arti atau terjemah adalah agar lebih jelas saja. Namun, akan lebih efektf ketika kamu membaca sebuah kalimat tanpa terjemahan.

  1. The project has been finished by Marley anda his friends. (Proyek itu sudah diselesaikan oleh Marley dan teman – temannya)

  2. Marley and his friends have finished the project.      (Marley dan teman – temannya sudah menyelesaikan proyek tersebut)

Sudah terlihat bukan perbedaan dari ke dua contoh kalimat aktif dan pasif di atas? Coba sebutkan mana kalimat yang aktif dan mana kalimat yang pasif. Mana dari dua contoh kalimat tersebut yang aktif melakukan kegiatan dan kalimat mana yang subyeknya pasif?

Perhatikan contoh kalimat yang kedua. Pada contoh kalimat yang kedua Maley sebagai subyek yang aktif melakukan kegiatan. Kegiatan apa yang dilakukan oleh marley? Marley menyelesaikan sebuah proyek. Jadi kesimpulannya contoh kalimat yang kedua adalah kalimat aktif karena subyeknya aktif melakukan kegiatan.

Dan pada contoh yang pertama sebaliknya subyeknya menerima tindakan. Apa tindakannya? Diselesaikan. Siapa yang menyelesaikan? Marley. Jadi kerena subyeknya hanya diam menunggu diberi tindakan maka kalimat tersebut disebut kalimat pasif.

Mudah sekali bukan? Untuk semakin menguatkan materi ini selanjutnya silakan buat contoh – contoh lainnya.


Kampung Inggris Pare

Yuk gabung ke kampung inggris pare kediri

Informasi Kampung Inggris Pare
Informasi Program HEC 1 PARE, KLIK DISINI

Follow Sosial Media HEC 1 PARE
facebook kampung inggris pareg+ kampung inggris paretwitter kampung inggris pare