Setiap Bahasa pasti mempunyai 4 Keterampilan dasar. Keterampilan dasar ini juga sering dijadikan patokan dalam penilaian kemampuan berbahasa seseorang. Selain itu 4 Keterampilan dasar ini juga cukup penting untuk berkomunikasi dalam Bahasa inggris. 4 Keterampilan dasar Bahasa inggris ini adalah Listening (membaca), speaking (berbicara), reading (membaca), dan writing (menulis).

4 Keterampilan dasar bahasa inggris ini semua saling berhubungan dan harus kamu kuasai jika kamu ingin fasih dalam Bahasa inggris. Lalu bagaimana caranya untuk belajar dan menguasai keempat Keterampilan ini ??

 

1.      Reading

Keterampilan dasar bahasa inggris yang pertama adalah reading atau membaca. Semua orang pasti tahu dengan membaca akan menambah pengetahuan kita. Dengan Keterampilan membaca kita juga bisa menambah ilmu dalam Bahasa inggris. Oleh karena itu Keterampilan ini sangat cocok dikuasai oleh para pemula, untuk membantu proses belajar Bahasa inggris.

Dengan Keterampilan reading juga bisa membantu para pemula untuk menambah kosakata Bahasa inggrisnya. Tidak hanya itu dengan Keterampilan membaca, seseorang juga bisa belajar bentuk atau struktur dari suatu kalimat.  Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melatih  Keterampilan reading seperti meluangkan banyak waktu untuk membaca, memperhatikan kecepatan membaca, memahami inti dari suatu bacaan, dan membaca buku-buku favorit.

 

2.      Listening

Keterampilan dasar bahasa inggris yang kedua adalah Listening atau mendengarkan. Keterampilan mendengarkan ini bisa jadi adalah Keterampilan yang paling menantang bagi para pemula. Dalam Keterampilan listening seseorang dituntut untuk bisa mendengarkan apa yang orang lain ucapkan. Tetapi tidak hanya itu, seseorang yang mendengarkan juga harus bisa mengartikan apa yang ia dengar, hingga ia paham apa yang diucapkan oleh orang lain

Meskipun cukup menantang, tapi Keterampilan listening ini tetap bisa kamu latih terus. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa menguasai Keterampilan listening yaitu persering mendengarkan percakapan Bahasa inggris, untuk saat ini banyak pilihan percakapan Bahasa inggris yang bisa kamu cari di Youtube, podcast, dan audio book.Ada cara yang lebih menyenangkan untuk melatih listening yaitu dengan menonton film berbahasa inggris atau mendengarkan lagu berbahasa inggris.

 

3.      Speaking

Keterampilan dasar bahasa inggris ketiga adalah speaking atau berbicara. Speaking ini hampir sama dengan listening yaitu Keterampilan yang cukup menantang untuk dipelajari para pemula. Keterampilan speaking adalah Keterampilan yang paling utama digunakan untuk berkomunikasi dalam Bahasa inggris, selain listening.

Belajar speaking sebenarnya mudah, kita hanya perlu lebih banyak berbicara dengan menggunakan Bahasa inggris. Kita bisa melatihnya dengan berbicara menggunakan Bahasa inggris pada diri sendiri, atau pada teman-teman kita. Tetapi cara paling cepat menguasai ketrampilan ini adalah dengan berlatih bicara Bahasa inggris dengan orang yang sudah fasih Bahasa inggris, karena orang tersebut bisa membantu mengoreksi kata-kata yang kita ucapkan. Selain itu dari orang yang fasih Bahasa inggris kita juga bisa mencontoh cara pengucapan kata-kata yang benar dalam Bahasa inggris.

 

4.      Writing

Keterampilan dasar bahasa inggris keempat adalah writing atau menulis. Keterampilan ini juga tak kalah menantang dari keterampilan lainnya. Keterampilan writing saat ini juga cukup penting, selain bisa digunakan untuk komunikasi, dengan kemampuan writing kita bisa mencipatakan tulisan seperti novel, puisi atau bentuk tulisan lain dalam Bahasa inggris.

Untuk melatih keterampilan ini bisa dilakukan dengan memperbanyak reading atau membaca tulisan-tulisan berbahasa inggris. Lalu mencoba menulis ulang apa yang kamu baca. Kamu juga bisa berlatih writing dengan menulis hal sehari-hari seperti diary dalam Bahasa inggris. Dan untuk menyempurnakan keterampilan writing, kamu juga wajib belajar grammar dan tenses.

Bagaimana cara mudah menguasai keempat keterampilan ini dengan cepat ?

Keempat keterampilan diatas sebenarnya bisa dikuasai dengan mudah bila kamu punya tutor dan teman untuk melatihan keempat keterampilan tersebut. Lalu bagaimana cara mendapat tutor dan teman berlatih sekaligus dalam satu waktu dan tempat ? Caranya kamu bisa ikut program belajar bahasa inggris di kampung Inggris Pare. Salah satu program pelatihan paling dekat yang bisa kamu ikuti adalah program intensive 11 & 25 di Happy English Course 1 Kampung Inggris Pare. Untuk info lengkapnya kalian bisa baca di sini.

Info Paket Program Intensive 10 dan 25 Januari 2019

Artikel lainnya :

Yuk gabung di Kampung Inggris Pare ! informasi lebih lanjut silakan klik link di bawah ini :

Informasi Kampung Inggris Pare

Informasi Program HEC 1 PARE, KLIK DISINI

Leave a Comment