listen vs hear

Terbit pada 17 November 2019

Kategori : belajar bahasa inggris, info kampung inggris, kursus bahasa inggris, kursus kampung inggris, program kampung inggris, sukses bahasa inggris

Tags : bahasa inggris, belajar ala kampung inggris, belajar bahasa inggris, hafal kosakata, kosakata bahasa inggris, materi bahasa inggris pemula, materi dasar, program bahasa inggris


Listen vs Hear - Listen dan hear adalah kata kerja bahasa Inggris yang bersinonim. Akan tetapi, kedua kata tersebut berbeda penggunaanya di dalam bahasa Inggris seperti halnya berbeda pula penggunaan antara study vs learn . Untuk mengetahui lebih lanjut arti dan perbedaan penggunaan antara listen dan hear, Yuk, perhatikan penjelasannya tentang perbedaan listen vs hear di bawah ini:

Perbedaan listen dan hear dalam bahasa inggris

1. Hear

Hear (heard) dijelaskan oleh Cambridge dengan “to receive or become conscious of a sound using your ears” yang artinya “menerima atau menjadi sadar karena suara menggunakan telinga”. Jadi hear adalah memeroleh suara dari luar ke dalam telinga kita. Kita bisa terjemahkan kata hear ke dalam bahasa Indonesia dengan “dengar atau mendengar”

a. I hear a noise outside. (Saya dengar suara bising dari luar.)

b. I heard that she had car accident. (Saya dengar dia mengalami kecelakaan mobil.)

2. Listen

Cambridge menjelaskan makna listen dengan “to give attention to someone or something in order to hear them” yang artinya adalah “memberi perhatian kepada seseorang atau sesuatu dengan tujuan mendengarkan mereka”. Jadi listen adalah mendengarkan dengan seksama. Kita bisa terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan “mendengarkan”

a. Listen! what is the noise? (Dengar! Suara apa itu?)

b. Are you listening to me? (Apa kamu mendengarkan (menyimak) saya?)

Kesimpulan

  1. Hear adalah “dengar atau mendengar”. Kita gunakan saat ada suara atau kabar yang masuk kepada telinga kita tanpa sengaja. “Saya dengar kamu sakit” “I heard that you was sick”
  2. Listen adalah “mendengarkan”. Kita gunakan ketika mendengarkan sesuatu dengan sengaja dan seksama. “Saya mendengarkan radio” “I listen to the radio”
  3. Hear tidak bisa kita gunakan dalam bentuk continuous tense, sedangkan listen bisa kita gunakan.

She is listening to the radio.

She is hearing to the radio

4. Listen ketika diikuti objek maka harus menggunakan “to” karena listen termasuk kata kerja intransitif.

a. Listen to this bukan listen this

b. Listen to the radio bukan listen the radio

Okay guys, segitu dulu materi tentang perbedaan listen dan hear. Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan seputar HEC 1, kalian bisa klik link ini

Artikel Lainnya

WhatsApp Sekarang
We use cookies to personalize content and to analyze our traffic. Please decide if you are willing to accept cookies from our website.