Tour Guide Profesional

Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai banyak tempat wisata. Tidak heran jika banyak sekali turis dari berbagai macam negara berbondong-bondong untuk datang ke Indonesia. Para turis asing sangat suka dengan alam wisata Indonesia yang masih benar-benar alami. Sehingga kadang para turis asing perlu guide untuk menjangkau wisata alam Indonesia. Melihat banyak jumlah turis yang datang ke Indonesia hal ini juga sepatutnya di tunjang dengan jumlah guide yang memadai. Tetapi untuk menjadi guide bagi para turis tentunya anda harus menjadi guide yang profesional. Guide profesional untuk para turis asing tentu berbeda dengan guide biasa pada umumnya. Ada beberapa kemampuan wajib yang harus dikuasai oleh seorang guide profesional. Beberapa diantaranya yaitu

Tour Guide Profesional

1.      Mengenali medan objek wisata

Untuk jadi guide profesional yang pertama tentunya kalian harus mempunyai pengetahuan yang luas dan mengenali medan objek wisata yang akan dikunjungi oleh para turis asing. Dengan pengetahuan yang luas tentang objek wisata tersebut kalian akan dengan mudah menjelaskan tentang objek wisata yang dikunjungi. Sehingga bisa menimbulkan kondisi percakapan yangasyik antara guide dan turis yang dibawa. Nah tapi ingat sebagai guide profesional kalian harus memakai Bahasa asing terutama Bahasa inggris untuk menjelaskan medan objek wisata tersebut.

 

2.      Mengenal keadaan social budaya masyarakat

Tidak bisa dipungkiri turis dari negara barat kadang takjub dengan budaya Indonesia. Apalagi ketika para turis tersebut mengunjungi tempat-tempat yang masih menjaga keaslian budaya leluhurnya. Seperti kita ketahui Indonesia mempunyai beragam budaya di masyarakat. Sehingga seorang guide profesional sudah seharusnya mengenal beragam budaya masyarakat Indonesia. Baik itu makanan khas, acara/upacara adat, baju/kain adat, mata pencaharian masyarakat sekitar hingga rumah adat di area sekitar objek wisata. Tujuannya tentunya agar saat turis bertanya tentang hal-hal tersebut kalian sebagai guide mampu menjelaskan dengan baik. Dan yang paling penting kalian menjelaskannya pakai Bahasa inggris ya.

 

3.      Memiliki pengetahuan kuliner

Budaya Indonesia yang beragam juga membuat banyak hal yang beragam di Indonesia, tidak terkecuali makanan. Hampir setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai makanan khas yang menjadi ciri khas  dari daerah tersebut. Nah kalian sebagai guide profesional seharusnya juga mempunyai pengetahuan kuliner yang luas. Karena kebanyakan turis dari mancanegara tertarik untuk mencoba kuliner tradisional khas daerah tersebut.

 

4.      Mengetahui etika guide profesional

Sebagai guide profesional, kalian juga harus mengetahui aturan etika ketika kalian sedang menjalankan tugas. Ada beberapa hal etika yang bisa kalian perhatikan yaitu :

  • Cara berpakaian sebaiknya gunakan pakaian yang sopan
  • Cara/Teknik berbicara pada wisatawan
  • Bersikap sopan
  • Memiliki tujuan baik dari setiap pembicaraan
  • Berbicara dengan jelas
  • Selingi dengan candaan, kalau kalian bersama turis asing tentunya candaannya harus dimengerti ya oleh turisnya, dan jangan sampai menyinggung ras, suku agama atau kelompok/individu tertentu)

 

5.      Yang paling penting, harus menguasai Bahasa Inggris

Dari poin-poin yang sudah dijelaskan diatas ada satu hal yang paling penting yang wajib dimiliki seorang guide profesional. Ya setiap guide profesional harus menguasai Bahasa asing, terutama BAHASA INGGRIS. Dengan menguasai Bahasa inggris anda akan dengan mudah memulai percakaoan dengan para turis, anda juga dengan mudah bisa menjelaskan objek wisata yang dikunjungi, kondisi budaya masyarakat sekitar, atau anda juga bisa ngobrol dengan nyaman bersama turis ketika kalian makan bersama.

Kalau kalian saat ini sudah menjadi seorang guide tapi masih belum menguasai Bahasa inggris. Ada baiknya kalian segera menyegerakan diri untuk belajas Bahasa inggris. Lalu dimana tempat belajar Bahasa inggris paling ampuh ??

Kampung inggris Pare adalah tempat belajar Bahasa inggris yang sangat cocok dan terjamin untuk kalian yang ingin bisa menguasai Bahasa inggris dengan cepat. Salah satu lembaga kursus yang paling terjamin untuk belajar Bahasa inggris adalah Happy Wnglish Course 1 (HEC1) Kampung Inggris Pare. Di HEC1 sudah disedikan berbagai macam program dan paket belajar.

Salah satu program yang dapat kalian ikuti dalam waktu dekat ini adalah program CTC. CTC merupakan program integrasi antara vocab, grammar dan speaking serta pronunciation yang mengutamakan penggunaan atau pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, siswa memiliki kemampuan berbahasa Inggris untuk kegiatan harian dengan didukung kemampuan pidato (Public Speaking) yang merupakan nilai unggul dalam program ini. Siswa dilatih untuk disiplin dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, dan dapat diterapkan dalam kehidupan pribadi dan dunia kerja.

 

Info Biaya Paket Program Candidate Training Class (CTC) Kampung Inggris Pare 2019 
Info Biaya Paket Program Training Class/Teaching Class (TC) Kampung Inggris Pare 2019
Info Biaya Paket Program Intensive 10 & 25 Kampung Inggris Pare 2019

 

Buruan gabung sebelum slot penuh, jangan menunda-nunda untuk belajar bahasa inggris ya teman-teman.

Artikel lainnya :

Yuk gabung di Kampung Inggris Pare ! informasi lebih lanjut silakan klik link di bawah ini :

Informasi Program dan Biaya di HEC 1 PARE, KLIK DISINI

 

Leave a Comment