menumbuhkan semangat belajar pada anak di kampung inggris pare kediri

Mengapa anak saya tidak suka belajar? Dari artikel sebelumnya telah sedikit di jabarkan mengenai realita yang dapat menghambat anak untuk semangat belajar. Hingga berujung pada cerita mengenai Joni yang mampu menghafal nama pemain inti dan cadangan klub sepak bola kesayangannya.

Siapa Joni ? Baca disini

Satu anak yang pada dasarnya memiliki otak yang sama dengan yang lainnya namun ketika digunakan untuk memahami pelajaran sekolah tidak berfungsi (menghafal dan berhitung), dan ketika ditanya tentang official klub sepak bola malah hafal beserta nomor punggung sampai klasemen.

Apakah anak ini bodoh?

Jika kamu sepaham dengan admin maka kamu akan menjawab “tidak”. Joni sebenarnya pandai luar biasa, namun salah perlakuan sehingga joni menjadi malas dan tidak suka belajar.

Pertanyaannya, bagaimana cara merubah anak yang malas belajar menjadi semangat untuk belajar?

Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak – Part 2

Ok, kali ini kita akan belajar bagaimana berkomunikasi dengan anak dan mengerti bagaimana sifat pikiran anak. Yang tak kalah penting adalah menomor satukan cinta dan kasih sayang dalam mendidik anak.

Kali ini admin akan memberi 6 tips untuk menjadikan seorang anak menjadi rajin belajar dan semangat untuk sekolah.

Beberapa tips berikut ini dapat kamu terapkan juga dalam kegiatan belajar mengajar di kampung inggris jika kamu adalah seorang tutor.

1. Lakukan Tegur dan Sapa Kepada Anak

Orang tua : “Hay sayang, apa yang menyenangkan hari ini di sekolah?”

Guru : “Hay guys, Sudah siap untuk belajar lebih semangat hari ini?”

Meski terlihat sepele, tegur dan sapa diatas dapat membuat anak otomati berfikir dan menggali hal – hal apa yang menyenangkan yang tadi mereka lakukan di sekolah.

Atau kamu seorang tutor, maka hal ini dapat membuat siswa-siswi yang kamu didik menjadi penasaran, dan akhirnya akan lebih semangat untuk mengikuti dan memperhatikan semua materi yang sedang kamu jelaskan.

2. Lakukan Hypnosleep

Hypnosleep dapat dikatakan juga hipnotis. Umumnya hypnosleep digunakan kepada anak kecil yang sudah mengerti bahasa verbal ataupun orang dewasa.

Hypnosleep berfungsi untuk memberikan sugesti yang kita inginkan ke anak. Beberapa sugesti diantaranya bertujuan untuk menjadikan seseorang menjadi mandiri kelak.

“makin hari, belajar makin menyenangkan”, “seperti bermain, belajar juga sangat menyenangkan”, ”Sangat mudah sekali untuk belajar berhitung dan juga menghafal” dan lain-lain

Bahasa – bahasa seperti itu dapat kamu sampaikan ke anak sebelum mereka tidur.

Nah jika kamu seorang tutor yang pastinya tidak dapat melakukan ini secara langsung kepada peserta didik. Maka kamu dapat berpesan kepada mereka untuk melakukan sendiri sebelum mereka beranjak tidur. Dan kamu bisa menanyakan pada keesokkan harinya atau dibuat tugas tersendiri yang berhubungan dengan hal tersebut.

3. Hubungkan Dengan Hal-hal Yang Menyenangkan

Jelaskan manfaat dari pelajaran yang sedang mereka pelajari.

Dengan mempelajari speaking secara serius maka saat liburan kamu dapat berkomunikasi dengan turis – turis manca Negara dengan lancar.

Hubungkan dengan beberapa hal yang mereka sukai atau yang sedang hit di media social. Maka itu akan lebih menarik perhatian anak untuk belajar.

4. Dorong Dengan Sanjungan

Jika diberi tambahan pelajaran di luar sekolah, ditempat kursus misalnya. Maka, mintalah kepada guru les untuk sering – sering mengatakan bahwa anak kita adalah anak yang hebat dan luar biasa. Terlebih jika itu dikatakan di depan si anak. Pujian yang tulus dan memompa semangat jauh lebih penting dari pada mengajarkan anak – anak untuk menghafal cepat.

5. Tunjukkan Rasa Cinta Kamu Dengan Sepenuh Hati

Jika anak kita masih kecil dan masih suka dibacakan dongeng, bacakan dongeng dengan posisi memangku dia (dengan posisi yang nyaman, serta memudahkan kita orang tua untuk memberikan ciuman kasih sayang atau pelukan sayang) tujuannya agar anak mengkaitkan membaca buku dengan rasa cinta dari orangtua dan buku adalah hal yang sangat menyenangkan.

6. Lakukan Sedikit Intrik Untuk Membuat Anak Semakin Bersemangat Lagi Dalam Belajar

Jika kamu adalah orang tua dari anak yang kurang bersemangat untuk belajar, maka salah satu trik ini dapat kamu terapkan untuk memompa semangat mereka secara lebih mendalam.

Gunakan surat rahasia dan berikan kepada anak seraya berkata :

“nak, surat ini rahasia. Cuma kamu dan ibu yang tahu isi surat ini. Ibu letakkan dikamar dibawah bantal. Bacanya nanti setelah makan ya.”

Isi surat tersebut dengan bahasa – bahasa yang menyemangati anak untuk belajar lebih giat baik disekolah maupun dirumah.

Semoga bermanfaat 😀

Comment ( 1 )

Comments are closed.