kampung inggris - pare kediri

Pare Kediri, membicarakan tentang kampung inggris rasanya kurang afdol kalau tidak membicarakan juga Kota Pare. Bagaimana tidak,  Kota Pare adalah tempat dimana kampung inggris berada. Sekilas saja, Pare merupakan sebuah Kecamatan yang terletak di bagian timur Kabupaten Kediri. Meskipun statusnya sebagai Kecamatan, Namun dengan banyaknya potensi yang dimiliki Kota Pare, mampu membuat salah satu dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri ini namanya mencuat ke permukaan. Dalam artian menjadi dikenal oleh banyak kalangan baik di kalangan masyarakat nasional maupun internasional.

Ya, salah satunya adalah keberadaan kampung inggris. Banyak sekali prestasi yang sudah dihasilkan oleh lulusan kampung inggris, baik prestasi tingkat nasional maupun internasional. Keberadaan kampung inggris di Kecataman Pare memang tidak dapat dipungkiri mampu menaikkan pamor Kota Pare. Selain itu dengan semakin dikenalnya Kota Pare juga membuat masyarakat sekitar Kota Pare merasakan imbasnya.

Beberapa dampak yang dapat dirasakan oleh penduduk sekitar Kota Pare adalah banyaknya pendatang yang datang baik dari dalam kota, luar kota bahkan luar negeri. Dalam segi ekonomi ini sangatlah menguntungkan bagi masyarakat sekitar. Mereka dapat memanfaatkannya untuk menambah pundi – pundi keuangan mereka. Misalnya dengan membuka rumah makan khas Kediri, membuka penginapan, menjalankan bisnis travel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang jelas dengan adanya kampung inggris di Kecamatan Pare ini pastinya menimbulkan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar dan juga untuk daerah Kediri.

PARE KEDIRI

Kembali ke tema artikel yaitu tentang Pare Kediri. Untuk kali ini admin akan membahas sedikit tentang sejarah Kecamatan Pare. Belum diketahui secara jelas kapan dan bagaimana sejarah berdirinya Kecamatan Pare. Banyak cerita yang muncul tentang sejarah Kecamatan Pare.

Dikutip dari Wikipedia, Kecamatan Pare mampu menjadi sebuah daerah yang terkenal di dunia berkat seorang antropolog yang bernama Clifford Geertz. Ketika itu Clifford Geertz masih menjadi seorang mahasiswa doctoral yang sedang melakukan penelitian lapangan. Dan hasil dari penelitiannya tersebut tertuang dalam buku terkenal yang berjudul The Religion Of Java. Di buku yang di karang oleh Clifford Geertz tersebut nama pare disamarkan menjadi “mojokuto”. Dalam proses penelitiannya Clifford Geertz sering berdiskusi dengan Kyai Yazid Thohir yang juga merupakan perintis adanya kampung inggris untuk di jadikan narasumber.

Dilihat dari kondisi geografisnya, Pare merupakan kota lama, terbukti dengan banyaknya peninggalan – peninggalan yang ada di sana seperti komplek candi Surowono, Candi Tegowangi dan juga patung Budo yang berada di pusat kota Pare. Tidak hanya itu sebenarnya dahulu Pare juga memiliki jalur kereta api yang menghubungkan Kediri dan jombang, Namun saat ini keberadaan rel kereta api hanya tinggal kenangan.

Itulah sedikit yang dapat admin sampaikan dari sejarah Kecamatan Pare Kediri. Mudah – mudah dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Jika kamu ingin mengunjungi Pare kamu bisa mengikuti petunjuk pada artikel berjudul rute menuju kampung inggris.

Comments ( 7 )

Comments are closed.