Ketika memutuskan untuk mengambil kelas kursus Bahasa Inggris di Pare, hal ini tentu sudah kamu pikirkan matang-matang dari sebelumnya. Kamu pasti sudah searching apa saja program yang tersedia (dan cocok untuk kamu ambil), di mana kamu akan kursus, lama waktu yang dibutuhkan, serta segala macam jenis pernak-pernik yang harus dibawa.

Itu adalah hal yang sangat fundamental ya, mungkin rencana yang sudah kamu susun secara rapi bisa saja berubah di tengah jalan karena satu dan lain hal. Sekarang, untuk memprediksi sukses atau tidaknya kursus kamu, kamu tentu punya prinsip dasar yang harus dipegang. Kira-kira, begini seharusnya.

Terus mencoba walaupun berkali-kali gagal

Ada pepatah yang bilang bahwa tak perlu perduli dengan berapa kali kamu terjatuh, yang penting ada berapa kali kamu bangkit setelah terjatuh. Setiap kita tentu punya jatah gagal yang berbeda-beda, dan dari kegagalan tersebut pasti ada terselip sukses. Sama halnya saat kamu belajar Bahasa Inggris, gagal dalam satu tes, coba lagi the next tes, bila kamu belum bisa mengucapkan satu vocab dengan benar, maka berlatihlah. Jika kamu mungkin mendapat nilai jelek selama kursus, maka belajarlah lagi dan lagi. Usaha yang gigih untuk terus mencoba akan membuatmu berhasil, terlebih saat kursus Bahasa Inggris di Pare.

Belajar dengan maksimal

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tak ada orang yang tiba-tiba pintar tanpa membaca buku dan belajar terlebih dahulu. Hanya saja, kapasitas menangkap pelajaran setiap kita berbeda-beda, ada yang satu kali baca saja langsung ingat semua dan bisa menjawab semua soal yang diberikan. Ada pula yang butuh sampai tiga, empat, bahkan sepuluh kali membaca dan belajar baru nyantol. Nikmati saja, toh dengan belajar maksimal kamu akan merasakan manfaatnya nanti.

Kamu tau kemampuanmu lebih dari orang lain

Ketika memutuskan untuk kursus Bahasa Inggris, kamu tau kalau dirimu ‘lemah’ dalam berbahasa asing bukan? Begitupun selama proses belajar, kamu-lah yang paling tau bagaimana kemampuan dirimu. Tentu ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, dan kamu bisa pilih salah satu yang sesuai dengan kemmampuanmu. Misalnya, listening kamu lebih terasa saat mendengarkan lagu berbahasa Inggris ketimbang harus belajar dari film. Vocabularies kamu akan lebih kaya saat berbicara dengan teman dibandingkan membaca lalu dihafal, dan begitu seterusnya. Kuncinya, ya, ada pada dirimu.

Practice makes perfect

Yang terakhir dan pastinya semua orang sepakat bahwa ‘practice makes perfect’. Segala ilmu yang sudah kamu dapatkan selama kursus akan sia-sia kalau tidak dipraktekkan. Ibaratnya, sudah beli sepeda tapi disimpan saja di gudang, enggak dipakai buat jalan-jalan, sudah pasti lama-lama sepeda tersebut akan berkarat. Sama halnya dengan skill, kalau tak sering-sering diasah, maka ia juga perlahan bisa hilang.

Nah, dari keempat prinsip untuk sukses ketika kursus Bahasa Inggris di Pare di atas, mana nih yang sudah kamu terapkan? Boleh dong share di kolom komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *