menjawab-soal-soal-grammar

Bingung atau kesulitan menjawab soal – soal grammar? Kalo buat admin mah itu hal yang mudah banget. Asal kamu tahu triknya pasti deh bakalan bisa lulus test grammar dengan mudah. Yakin deh, kalau gak percaya berikut ini akan admin berikan sedikit tips cara menjawab soal – soal grammar, sedikit aja ya. 😀

Soal – soal pada test grammar biasanya menggunakan bentuk model sentence completion, melengkapi kalimat yang kosong dan written expression, mencari bagian yang salah. Soal-soal ini bertujuan untuk menguji sejauh mana kemampaun kamu dalam hal tata bahasa atau structure bahasa Inggris.

Menjawab soal – soal grammar memang tidak sesulit ketika menjawab test listening ataupun speaking. Namun untuk menghadapinya kamu perlu berhati – hati, karena kamu harus memilih jawaban yang paling di antara beberapa pilihan jawaban yang membingungkan. Dan yang paling tidak mengenakkan adalah ketika kamu harus menjawab soal – soal grammar dalam waktu yang terbatas. Dampaknya sering terjadi kesalahan dalam menjawab soal – soal grammar. Bukan karena tidak bisa, namun karena terburu – buru.

Tips Menjawab Soal – soal Grammar

Tidak banyak, kali ini admin akan memberikan 5 saja tipsnya. Perlajari baik – baik. Admin yakin deh, setelah kamu mempelajari tips ini kamu bakalan dapat menjawab soal – soal grammar dengan mudah.

  1. berlatih sesering mungkin

Umumnya pertanyaan – pertanyaan yang di berikan dalam test grammar selalu memiliki bentuk yang sama. Yang membedakan biasanya hanyalah pertanyaannya saja atau kalimatnya. Berlatihlah dengan mengerjakan tipe-tipe soal grammar dan apabila Anda tidak mengerti terhadap salah satu tipe soal, maka pelajari kembali tipe tersebut. Dengan begitu, Anda akan mengenali dan memahami tipe-tipe soal tadi, sehingga ketika Anda menghadapinya, semua bisa diselesaikan dengan lancar.

  1. Pelajari dan pahami kembali dasar – dasar grammar

Singkat saja, karena artikel ini pernah admin jabarkan dalam artikel sebelumnya jadi disini admin hanya mengutip saja.

Baca : Bahasa Inggris Praktis – 5 Aturan Dasar Belajar Grammar

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah mengenai :

penggunaan huruf capital pada kata benda dan awal kalimat.

Tanda baca pada akhir kalimat seperti tanda seru, tanda titik ataupun tanda Tanya

Penggunaan kata benda dan kata kerja

Penggunaan tanda apostrophe

  1. Identifikasi unsur kalimat

Untuk mengerjakan written expression yang harus Anda lakukan adalah identifikasi saja unsur – unsur kalimatnya, seperti mana bagian subjek, objek, atau pelengkap. Cara lain adalah dengan tidak perlu membaca keseluruhan soal tetapi hanya memfokuskan kepada kata – kata yang digaris bawahi dan carilah bagian mana yang tidak tepat.

Contoh:

 Aceh, which is located (A) in the edge of Sumatra Island, suffered (B) Tsunami at (C) 2006  and more than (D) thousand of people dead(E).

Dengan hanya memperhatikan bagian kata yang digaris bawahi kita sudah bisa menemukan jawaban yang tepat, yaitu C karena kita tahu bahwa preposition at bukanlah digunakan untuk tahun, tetapi in.

  1. Coba ulangi membaca kalimat

Apabila soal yang Anda hadapi tidak bisa ditemukan jawabannya hanya dengan mengidentifikasi unsur – unsur kalimatnya, cobalah membaca kalimat itu secara keseluruhan dan temukan kejanggalan ketika Anda mengucapkannya. Biasanya kita bisa menemukan kesalahan dengan menggunakan skimata karena kita pernah menbaca kalimat yang sama sebelumnya.

  1. kerjakan terlebih dahulu soal grammar yang berbentuk sentence completion

Tips yang terakhir adalah kerjakan terlebih dahulu soal grammar yang berbentuk sentence completion, setelah itu soal written expression. Hal ini dikarenakan tipe soal written expression sedikit lebih sulit dari sentence completion, sehingga Anda bisa menghemat waktu untuk mengerjakan soal yang lebih rumit.

Demikian tadi 5 tips yang dapat kamu praktekkan untuk menjawab soal – soal grammar. Satu hal yang paling penting disini adalah keseriusan kamu untuk terus berlatih dan berlatih agar kemampuan kamu terus terasah.

Selamat belajar