belajar bahasa inggris sambil bermain

Yuk belajar bahasa inggris sambil bermain. Belajar itu gak harus terlalu serius. Terkadang kita perlu sebuah selingan agar ketika sedang belajar tidak cepat bosan atau jenuh. Sebuah penelitian menerangkan bahwa masa konsentrasi seseorang sama dengan berapa umur mereka. Jadi, jika kamu sekarang ini berumur 20 tahun. Maka selama 20 menit juga kamu akan mampu berkonsentrasi dengan baik. Itu menurut penelitan.

Jadi untuk mengantisipasi timbulnya kebosanan ketika sedang belajar, maka perlu ada sebuah selingan yang tujuannya untuk merefresh otak kita agar tidak terlalu keras dalam bekerja.

Belajar bahasa inggris sambil bermain

Dalam metode belajar bahasa inggris, metode belajar sambil bermain adalah salah satu metode yang sering digunakan oleh berbagai lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal. Nah, berikut ini admin akan memberikan sedikit contoh metode belajar bahasa inggris sambil bermain.

Simon Says

Kamu bisa menerapkan permainan Simon Says ini pada anak – anak. Sudah banyak yang menggunakannya, dan umumnya mereka akan ketagihan dan tidak mau berhenti bermain.

Tipe permainan                : Vocabulary, Listening

Peserta                                : Semua umur, anak – anak

Tata Cara Bermain :

  • Salah satu berdiri di depan kelas dan yang lainnya berdiri di tempat masing – masing.
  • Katakan “simon says” yang dilanjutkan dengan gerakan tertentu seperti “simon says stand up” maka semua peserta harus berdiri.
  • Kamu juga bisa membuat sebuah gerakan tanpa menggunakan kata “Simon Says” maka ketika ada siswa yang berdiri duduk berarti mereka kalah. Pemenang bisa di ambi dari peserta yang berdiri sampai akhir.
  • Agar lebih menantang katakan dengan lebih cepat, dan tentunya menggunakan bahasa inggris.
  • Untuk variasi kamu juga bisa menantang siswa menjadi simon dan memberi instruksi kepada siswa – siswa yang lain. Lalu berika hadiah kepada siswa tersebut agar semakin bersemangat untuk belajar bahasa inggris sambil bermain.

Board Race

Untuk meningkatkan vocabulary kamu dapat menggunakan permainan ini. Permainan ini sangat efektif digunakan untuk meningkatkan memori siswa tentang pelajaran vocabulary sebelumnya. Permainan ini juga bisa dilakukan di awal sebelum materi agar siswa terlihat aktif. Kalau di kampung inggris umumnya permainan ini digunakan sebagai tiket masuk. Jadi, siswa yang mampu lulus dengan baik dapat masuk dan melanjutkan materi pelajaran.

Tipe permainan : Mengulang grammar dan Vocabulary

Peserta                : Semua umur

Tata Cara Bermain :

  • Sebaiknya permainan ini dilakukan oleh 6 orang atau lebih.
  • Bagilah kelas menjadi 2 kelompok besar dan berikan spidol berwarna pada masing – masing kelompok. Jika di dalam kelas terdiri dari banyk sekali siswa, kamu membaginya menjadi 3 atau 4 kelompok.
  • Buat garis vertikal di tengah papan tulis, lalu tulis topik di bagian atas papan tulis
  • Kemudian, para siswa dari masing – masing kelompok harus menuliskan sebanyak mungkin kata – kata yang kamu minta. Pastikan kata tersebut berhubungan dengan topik yang telah di tentukan. Sesi ini dilakukan dalam bentuk kompetisi antar kelompok. Sehingga kamu harus menentukan limit waktunya.
  • Setiap kelompok mendapat poin untuk kata yang benar. Kata – kata yang tidak berhubungan dengan topik dan salah ejaan tidak akan mendapat poin.

Ya itu beberapa metode belajar bahasa inggris sambil bermain yang dapat kamu aplikasikan. Namun ingat, metode belajar bahasa inggris sambil bermain ini hanya untuk selingan saja ya. Jangan terlalu sering. Karena terlalu sering belajar bahasa inggris sambil bermain juga tidak baik.

Semangat belajar 😀

Baca : Belajar Grammar Itu Nggak Sulit Kok

Comment ( 1 )

Comments are closed.