Pronunciation sering kali menjadi hal yang menyulitkan untuk dilakukan. Terlebih untuk sebagian besar orang Indonesia. Ya maklumlah, karena memang bahasa inggris bukan merupakan bahasa ibu “mother Tongue” orang Indonesia. Jadi jangan heran kalau terkadang banyak yang salah mengucapkan beberapa kata dalam bahasa inggris yang akhirnya membuat makna dari yang di ucapkan menjadi berubah.

Jadi biar ga salah kaprah disini admin mau memberikan beberapa contoh mengenai pronunciation. Biar ketika sudah keluar dari kampung inggris kamu ga akan salah lagi deh.

YUK BELAJAR SPEAKING (PRONUNCIATION)

Gak perlu banyak – banyak, untuk kali ini admin hanya akan memberikan 4 contoh saja kata – kata yang familiar yang sering digunakan dalam aktivitas sehari – hari.

1. CLEANSE

Klins = pengucapan yang keliru

Klens = pengucapan yang benar

“to Cleanse” yang merupakan kata sehari – hari yang sering keliru dalam pengucapannya. Mungkin ini disebabkan karena ada kata lain yang artinya sama yaitu “clean” yang dalam pengucapannya adalah kiln. Dalam segi makna memang sama. namun dalam penggunaannya berbeda,

kata “Cleanse” digunakan untuk benda – benda yang bersifat abstrak seperti “cleanse my soul”, dan,

kata “clean” digunakan untuk benda – benda yang memiliki wujud seperti “ Clean my plate”

2. Dessert / Desert

Tidak seperti kata clean dan cleanse yang memiliki arti yang sama. Untuk dua kata ini yaitu Dessert dan Desert memiliki arti yang berbeda jauh.

Dessert – makanan penutup – /d z t/ – dizert

Desert – padang pasir (kata benda) / mencampakkan (kata kerja) – / d z ( )t/ – dezert

Berbeda jauh bukan? Jadi untuk ketika sedang di restoran jangan sampai salah pesan padang pasir ya!!

3. Wednesday

Wed – nes – dey = pengucapan yang keliru

Wens – dey = pengucapan yang benar

Tahukah kamu kalau huruf ‘d’ di kata “Wednesday” sebenarnya tak perlu diucapkan? Yes, wens – dey adalah pengucapan yang tepat dari salah satu nama hari ini. Jadi untuk lain kali, jangan sampai salah bilang “Wed – nes – dey” lagi ya!

4. Tomb

Tom = pengucapan yang keliru

Tum = pengucapan yang benar

Suka main game Tomb Raider atau malahan kamu salah satu penggemar filmnya? Kalau belum pernah nonton fimnya admin kasih bocoran. Tomb Raider adalah salah satu film produksi Hollywood yang dibintangi oleh Angelina Jolie yang dalam film tersebut berperan sebagai Lara Croft.

Loh kok jadi ngomongin film ya.

Ok masuk ke materi. Pelafalan kata tomb yang benar adalah menggunakan huruf “u”. mungkin ini dikarenakan kata tumba yang merupakan asal kata dari tumb yang berarti kuburan atau makam. Jadi Tumb Raider jika di tulis dalam bahasa latin akan menjadi “tom Raider” atau “Tum Raider”

Sudah faham bukan. Jadi besok – besok ketika berbicara dengan bahasa inggris pronunciation nya jangan sampai salah ya. Apalagi buat kamu yang lulusan kampung inggris.

Baca : Belajar Grammar itu nggak sulit kok