5 Materi Speaking Dasar Wajib Kamu Kuasai

Terbit pada 23 August 2018

Kategori : belajar bahasa inggris, info kampung inggris, kampung inggris pare, kampung inggris terbaik, kursus bahasa inggris, program kampung inggris

Tags : bahasa inggris, belajar bahasa inggris, hec 1 pare, kampung inggris, kursus bahasa inggris, materi dasar, materi speaking


Inggris aktif atau menggunakan Bahasa Inggris untuk diucapkan dengan lisan merupakan salah satu materi pokok pembelajaran Bahasa Inggris. Jangan sampai ketika kamu sudah mahir dengan tenses atau hafal dengan ratusan bahkan ribuan kosa kata, tetapi masih lemah dengan Inggris aktifnya. Percuma saja, bukan, mahir Inggris pasif, namun masih kesusahan berkomunikasi dengan wisatawan bule, misalnya.

Oleh sebab itu, selain belajar tenses dan menghafal ribuan kata, yang harus kamu perhatikan adalah mempraktikannya atau ber-speaking. Belajar speaking memang sedikit berbeda dengan belajar Bahasa Inggris tulis atau Inggris pasif, tetapi jika kamu mau sedikit berusaha dan telaten mempraktikan materi yang sudah didapat dari Bahasa Inggris secara tertulis, maka sebenarnya speaking adalah suatu hal yang menyenangkan.

Tetapi yang perlu kamu ingat, jangan langsung melakukan speaking dalam level kesulitan yang tinggi. Kamu harus paham materi speaking dasar, agar dapat belajar dengan terstruktur dan tidak cepat menyerah.

Berikut ini beberapa materi speaking dasar yang dapat kamu terapkan :

Mengetahui berbagai macam kosa kata atau vocabulary

Langkah paling awal untuk melakukan speaking adalah belajar serta menghafal berbagai macam kosa kata dalam bahasa Inggris. Perbendaharaan kata ini sebenarnya merupakan kunci utama kamu dalam mempelajari Bahasa Inggris, meskipun dalam taraf Inggris pasif.

Jika Inggris pasif saja sudah memerlukan perbendaharaan kata yang banyak, apalagi dengan Inggris aktif yang sejatinya sangat membutuhkan kekayaan kosa kata yang tinggi. Gampangnya, jika materi Bahasa Inggris dalam bentuk tulisan, kamu masih bisa sedikit mencuri-curi arti kata di dalam kamus, maka Inggris aktif tidak hanya menuntutmu untuk paham maksud dari kosa katanya saja, tetapi juga kecepatan waktu. Mana telaten orang bule jika harus menunggumu berbicara sepatah kalimat, padahal kamu masih sibuk mencari arti katanya di dalam kamus.

Memahami pengucapan kata yang tepat dalam setiap vocabulary

Jika sudah kaya dengan kosa kata, selanjutnya kamu perlu mempratikan kosa kata tersebut dengan pengucapan yang benar. Dari tahap ini, kamu tidak mungkin sendiri. Untuk mengoreksi atau mengkritisi pengucapan katamu, kamu memerlukan tutor atau minimal aplikasi ponsel pintar agar tidak sampai keliru dalam mengungkapkannya.

Menyusun tenses yang tepat terlebih dahulu

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah pahami dulu susunan tenses yang tepat untuk digunakan dalam sebuah kalimat. Setelah paham tenses dan dapat menuliskannya dengan benar, kamu dapat langsung mempraktikannya dengan teman atau tutormu agar bisa saling mengoreksi pengucapan dalam setiap kosa kata sampai susunan tensis-nya.

Misalnya I’m gonna + (verb). Contoh : I’m gonna hold you (aku akan memelukmu).

Banyak menonton dan mendengarkan

Yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah memperbanyak pengetahuan soal materi speaking dengan cara menonton film-film atau tayangan berbahasa Inggris atau lagu-lagu berbahasa Inggris, kemudian memahami maknanya.

Setelah melakukan hal tersebut, selanjutnya kamu dapat ikut-ikutan menyanyi untuk mengasah kemampuan speaking-mu.

Membiasakan berbahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari

Membiasakan berbahasa Inggris dalam keseharian itu memang sulit. Selain karena membutuhkan ketelatenanmu, orang-orang dan lingkungan dalam keseharianmu juga kurang mendukung. Tetapi jangan putus asa dengan hal itu. Kamu dapat terus berlatih dan berlatih dengan mengesampingkan semua hambatan tersebut.

Kamu juga dapat melakukan speaking ketika berjumpa dengan bule atau orang asing lainnya ketika berada di tempat wisata.

Beberapa tips di atas, akan sangat sulit diaplikasikan jika tanpa tutor dan pembelajaran intensif. Maka ada baiknya kamu mengikuti kursus berbahasa Inggris dengan kredibilitas yang sudah terjamin agar semakin mudah memahahami materi speaking dasar, dan mempraktikannya dengan baik.

Artikel Lainnya

WhatsApp Sekarang
We use cookies to personalize content and to analyze our traffic. Please decide if you are willing to accept cookies from our website.