BELAJAR NGOMONG INGGRIS KAMPUNG INGGRIS

Terbit pada 14 November 2019

Kategori : belajar bahasa inggris, hec 1 pare, kampung inggris bec, kampung inggris kediri, kampung inggris pare, sukses bahasa inggris

Tags : bahasa inggris penting, belajar ala kampung inggris, belajar di kampung inggris, berbicara bahasa inggris, materi speaking pemula, ngomong bahasa inggris, speaking english


BELAJAR NGOMONG INGGRIS DI KAMPUNG INGGRIS – Ngomong bahasa Inggris casciscus seperti turis? Mudah sekali, HEC1ers. Kamu hanya perlu 4 langkah praktis ini, sehingga lancar pakai aksen bule. Berikut tips belajar ngomong inggris di kampung inggris.

Well HEC1ers! Kagum kepada mereka yang fasih berbahasa asing kan? Terlebih lagi ngomongnya pakai logat atau aksen “kebule-bulean” alias kayak penutur asli? Pasti pengen banget kan kayak mereka? Apalagi kalau sampai mahir ngomong pakai bahasa Inggris berlogat kayak bule. Yang dengerin bisa sampe merinding disko. Gimana ya caranya biar bisa ngomong pakai bahasa Inggris layaknya a native speaker?

Berikut Langkah-langkahnya :



1. Choose one English accent! Saat awal berlatih ngomong bahasa Inggris, kamu perlu fokus pada 1 aksen dulu. Pilih mana, British English atau American English?

Pernah dengar percakapan antara bule dengan seksama? Mereka memiliki pelafalan yang berbeda-beda. Pelafalan sebuah kata yang diikuti penekanan (stress) itu disebut aksen atau dalam bahasa Indonesia disebut juga logat. Pada dasarnya ada 2 jenis aksen dalam bahasa Inggris, yaitu British (British English) dan Amerika (American English).

2. Watch more videos and movies! Belajar dari film juga video itu bermanfaat banget. Tentu saja tanpa subtitle Bahasa Indonesia ya.

Tahapan selanjutnya adalah hunting videos and movies. Tonton film-film dengan aksen yang telah dipilih sebelumnya. Satu hal terpenting: jangan menggunakan subtitle bahasa Indonesia! Bagaimana jika berisi subtitle bahasa Inggris? Ya masih OKE lah. Kalau nggak pake subtitle sama sekali, listening skill-mu sekaligus akan terasah.

Film apa yang sebaiknya ditonton? Tau film Harry Potter? Di film Harry Potter, hampir semua aktor dan aktris ngomong menggunakan aksen British English (terutama si Harmonie, logatnya British banget). Film lainnya (masih berhubungan dengan Harry Potter) rilis November 2016, “Fantastic Beasts and Where to Find Them”. Dalam film tersebut kamu bisa dengar aksen British dan Amerika. Nah, kalau contoh film memiliki aksen Amerika ada banyaaaak, misalnya The Hunger Games, Star Trek, serta film-film Hollywood biasanya menggunakan American English.

3. Practice, Practice and Practice! Baca keras-keras dengan aksen yang sudah dipelajari. Pakai logat itu sesering mungkin saat praktek ngomong bahasa Inggris.

Nah, jurus ketiga ini nggak bakal pernah jauh-jauh dari tips: Practice! Ini memang cara ampuh bikin lancar ngomong dalam bahasa Inggris. Nggak ada ceritanya orang mahir berbahasa asing tanpa menggunakannya. So, speak English like a native speaker!

Udah nonton beberapa film yang memiliki satu logat tertentu, udah juga ngikutin beberapa vlog di youtube, trus sekarang apa yang harus dilakukan? Ya, praktik! Kalau masih malu ngobrol sama orang lain, apalagi praktek langsung sama bule, lakukanlah cara simpel ini. Baca buku dengan suara keras dan tentu saja menggunakan logat tertentu.

4. Record your voice! Lihat sejauh mana perkembanganmu. Trik ini juga dapat membuatmu makin pede lho.

Yang terakhir ini menjadi jurus pamungkas dan tak boleh dilewatkan. Saat berlatih dengan logat tertentu, kamu harus membawa recorder. Untuk apa? Ya, untuk merekam dong. Mungkin awalnya terasa agak mengganggu, buat apa sih pake ngerekam segala??? Setelah punya sejumlah rekaman, kamu akan berterimakasih kepada dirimu karena konsisten merekam suaramu.

Merekam suara adalah cara sangat efektif agar lancar ngomong layaknya para penutur asli (English native speakers). Jika diibaratkan sebagai latihan soal, kamu masih punya catatan tertulis: soal mana dijawab salah dan mana soal dijawab benar. Nah, untuk berlatih ngomong bahasa Inggris, gimana caranya punya catatan? Rekaman itu dapat digunakan sebagai catatanmu.

Artikel Lainnya

WhatsApp Sekarang
We use cookies to personalize content and to analyze our traffic. Please decide if you are willing to accept cookies from our website.